EKSPERIMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING BERBASIS PERMAINAN CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GALUR KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014

ISMI YUNIATUN , NIM. 10420024 (2014) EKSPERIMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING BERBASIS PERMAINAN CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GALUR KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( EKSPERIMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING BERBASIS PERMAINAN CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GALUR KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text ( EKSPERIMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING BERBASIS PERMAINAN CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GALUR KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ismi Yuniatun, Eksperimentasi Strategi Active Learning Berbasis Permainan Crossword Puzzle (TTS) dalam Pembelajaran Mufradāt Siswa Kelas VIII MTs Negeri Galur Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014, Skripsi, Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mufrādāt kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan crossword puzzle) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa tanpa menggunakan crossword puzzle) pada siswa kelas VIII MTs Negeri Galur Kulon Progo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 118 siswa, kemudian diambil dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dan kontrol sebagai pembanding. Jumlah sampel kelompok eksperimen adalah 15 siswa, dan 15 siswa juga untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk penghitungan analisis data menggunakan SPSS 16 For Windows. Pada pengkajian instrumen menggunakan uji Validitas dan Reliabilitas. Hasil uji Validitas menunjukkan dari 19 soal test seluruhnya terbukti valid, sedangkan hasil dari pengujian reliabilitas untuk kelompok kontrol memperoleh koefisien korelasi sebesar (.695), sedangkan kelompok eksperimen memperoleh koefisien korelasi sebesar (.533). Analisis data meliputi analisis deskriptif dengan menggunakan rumus tes “t” dihasilkan Sig. (.078 > .05) dengan nilai rata-rata pretest untuk kelompok eksperimen sebesar 69 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 65. Hasil penelitian menunjukkan: 1) strategi active learning berbasis permainan crossword puzzle dapat meningkatkan pemerolehan mufradāt siswa kelas VIII MTs Negeri Galur Kulon Progo, ada perbedaan yang signifikan pembelajaran mufradāt antara kelompok eksperimen dan kontrol. 2) skor rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 79, sedangkan kelompok kontrol sebesar 73. Rata-rata peningkatan kelompok eksperimen 11 dan kontrol adalah 8. Uji “t” dengan Paired-Sample T Test menunjukkan Sig. (.000 < .05) maka Ho ditolak, artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.SI
Uncontrolled Keywords: Kata-Kata Kunci : Strategi Active Learning, Permainan Crossword Puzzle, Pembelajaran Mufradāt
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:38
Last Modified: 31 May 2017 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11258

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum