KONSEP TRIPUSAT PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ABDURRAHMAN AN NAHLAWI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK

LISNA KHUSNIDA , NIM. 10410125 (2014) KONSEP TRIPUSAT PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ABDURRAHMAN AN NAHLAWI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( KONSEP TRIPUSAT PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ABDURRAHMAN AN NAHLAWI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( KONSEP TRIPUSAT PENDIDIKAN ISLAM MENURUT ABDURRAHMAN AN NAHLAWI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

LISNA KHUSNIDA. Konsep Tripusat Pendidikan Islam Menurut Abdurrahman An Nahlawi dan Relevansinya Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Trabiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini berangkat dari latar belakang bahwa pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan di dalam lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. Ketiganya saling memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak dalam upaya mencapai kedewasaannya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan konsep tripusat pendidikan menurut Abdurrahman An Nahlawi. (2) Untuk mengetahui relevansi konsep tripusat pendidikan menurut Abdurrahman An Nahlawi terhadap pembentukan kepribadian anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder untuk dianalisis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis-sosiologis. Metode dalam pengolahan data ini menggunakan metode content analysis. Dengan metode tersebut dapat ditangkap dan dipahami isi atau substansi pemikiran Abdurrahman An Nahlawi mengenai tripusat pendidikan Islam dan relevansinya terhadap pembentukan kepribadian anak. Hasil penelitian ini adalah konsep tripusat pendidikan Islam menurut Abdurrahman An Nahlawi terdiri dari: Pertama, lingkungan keluarga sebagai lingkungan pendidikan yang pertama bagi anak melalui aktivitas-aktivitas pembentukan keluarga yang berdasar pada syariat Islam. Kedua, pendidikan sekolah sebagai media realisasi pendidikan berdasarkan tujuan pemikiran, akidah, dan syari‟at demi terciptanya sikap penghambaan kepada Allah dengan mengembangkan segala bakat dan potensi manusia sesuai fitrahnya. Ketiga, lingkungan masyarakat sebagai wahana interaksi sosial anak dapat memberikan pelajaran yang sangat kompleks bagi terbentuknya nilai-nilai keagamaan dan kemasyarakatan. Relevansinya terhadap pembentukan kepribadian anak adalah: Pertama, Orang tua di lingkungan keluarga sebagai pendidik anak yang utama haruslah mampu mengarahkan anak-anaknya supaya tidak menyimpang dari ajaran dan nilai-nilai agama Islam dengan memenuhi kebutuhan kasih sayang dan ketenangan jiwa pada anak, memberikan pendidikan moral, sosial, serta keagamaan. Kedua, Lingkungan sekolah bertanggung jawab dalam pembentukan kepribadian anak melalui pemeliharaan fitrah anak, pengembangan potensi, pemberian pengalaman, wawasan nilai dan moral, serta sebagai penyempurna pendidikan keluarga. Ketiga, lingkungan masyarakat memiliki tanggung jawab terhadap pendidikan anak melalui Amar Ma’rūf dan Nahī Munkar, menganggap anak sendiri, mendidik dengan cinta kasih, memberikan hukuman, menjauhkan dari teman yang tidak baik, saling tolong menolong dan melakukan kerjasama yang utuh di dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tripusat Pendidikan Islam, Abdurrahman An Nahlawi, Pembentukan Kepribadian Anak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Mar 2014 08:59
Last Modified: 24 Mar 2014 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11262

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum