PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH KELAS XI

NOER AZIZAH , NIM. 10420009 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH KELAS XI )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI BAGI SISWA MADRASAH ALIYAH KELAS XI )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Noer Azizah, Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Lectora Inspire Sebagai Sumber Belajar Mandiri Bagi Siswa Madrasah Aliyah Kelas XI, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas XI Madrasah Aliyah dengan memanfaatkan program Lectora Inspire, dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut jika digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah atau model prosedural, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian. Produk yang dikembangkan dan ditinjau oleh ahli media, ahli materi, dan teman sejawat (peer reviewer). Kemudian penilaian produk direspon oleh 20 siswa MAN Maguwoharjo. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list) untuk melihat kualitas produk, dan angket respon siswa untuk melihat tanggapan siswa terhadap produk yang dikembangakan. Hasil penilaian dan respon berupa data kuantitatif, kemudian dianalisis dengan kriteria penilaian ideal dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian pengembangan berupa media pembelajaran bahasa Arab menggunakan Lectora Inspire. Berdasarkan hasil penelitian menurut 5 reviewer, media pembelajaran ini memiliki kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 81.6%. Sedangkan respon yang dihasilkan menurut 20 siswa yaitu 85.3% terhadap media pembelajaran bahasa Arab menggunakan Lectora Inspire. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab menggunakan Lectora Inspire ini layak dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa Madrasah Aliyah kelas XI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nuhadi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Lectora Inspire, Sumber Belajar Mandiri.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Mar 2014 09:51
Last Modified: 24 Dec 2021 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11278

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum