TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK COUPLE CONSELING DALAM MENGATASI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI RIFKA ANNISA WOMEN CRISIS CENTER TAHUN 2012

ULINNUHA WIJAYANTI, NIM. 0835008 (2013) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK COUPLE CONSELING DALAM MENGATASI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI RIFKA ANNISA WOMEN CRISIS CENTER TAHUN 2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK COUPLE CONSELING DALAM MENGATASI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI RIFKA ANNISA WOMEN CRISIS CENTER TAHUN 2012)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK COUPLE CONSELING DALAM MENGATASI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI RIFKA ANNISA WOMEN CRISIS CENTER TAHUN 2012)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (794kB)

Abstract

Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Meski perkawinan memiliki tujuan yang mulia namun layaknya sebuah kapal yang berlayar, suatu perkawinan dapat saja goyah sehingga menimbulkan perselisihan bahkan dapat berujung pada terputusnya perkawinan (perceraian). Namun perlu diketahuai bahwa pada dasarnya yang menjadi alasan perceraian adalah terjadinya Syiqaq (perselisihan yang sudah tidak dapat didamaikan) antara suami dengan isteri yang sebagian besar disebabkan oleh Kekerasan Dalam Keluarga (KDRT), sehingga diperlukan pihak ketiga sebagai penengah. Maka Rifka Annisa sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat yang peduli dengan kekerasan dalam rumah tangga yang Isteri sebagai korbannya memberikan beberapa solusi dalam mengatasi masalah tersebut, salah satu solusinya yakni Couple Conseling. Couple Conseling berperan sebagai penengah dalam menyelesaikan kasus kekerasan. Namun berbeda dari mediator (penengah) pada umumnya yang bertujuan hanya mendamaikan pasangan yang bermasalah, Couple Conseling di Rifka Annisa lebih menekankan pada perubahan perilaku terhadap pelaku tindak kekerasan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut kemudian dirumuskan suatu masalah yaitu tinjauan hukum islam terhadap praktik Couple Conseling dalam mengatasi kekerasan dalam rumah tangga. Penelitan ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analitik, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yakni menggunakan teknik wawancara sebagai teknik utamanya dan dokumentasi sebagai teknik pendukung yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisa kualitatif selanjutnya dianalisa dengan metode deduktif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Normatif dan pendekatan Yuridis. Lokasi penelitian bertempat di Rifka Annisa Women Crisis Center (WCC). Dalam praktik Couple Conseling di Rifka Annisa terdapat tiga tahapan yakni, tahapan pertama, tahapan pendekatan antara klien dengan konselor, tahapan kedua, tahapan mendeskripsikan kasus serta alasan klien melakukan kekerasan terhadap isterinya, tahapan ketiga, tahapan merubah perilaku klien. Berdasarkan data Couple Conseling memiliki sepuluh kasus di Tahun 2012, dalam sepuluh kasus terdapat tujuh kasus yang berhasil diselesaikan oleh Couple Conseling Rifka Annisa dan tiga kasus yang tidak berhasil diselesaikan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peranan Rifka Annisa dalam memberikan konseling berupa konseling dari hukum dan dari psikologi lebih dapat menggali masalah terjadinya kekerasan dalam rumah tangga. Sehingga korban kekerasan pun dapat lebih membuka diri dan lebih percaya diri dalam menjalankan rumah tangganya. Sedangkan untuk pelaku tindak kekerasan konseling perubahan perilaku memiliki dampak baik sehingga tidak kembali melakukan kekerasan dan dapat membuat keluarganya kembali harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. MALIK IBRAHIM, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: HUKUM ISLAM, PRAKTIK COUPLE CONSELING, KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA, RIFKA ANNISA WOMEN CRISIS CENTER
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Mar 2014 07:33
Last Modified: 18 Apr 2016 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11308

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum