IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NO. 4 TAHUN 2010 TENTANG PENYELENGGARAAN KEPARIWISATAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DALAM PERSPEKTIF OTONOMI DAERAH DI KOTA YOGYAKARTA

ARIF FAHMI , NIM. 09340113 (2014) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NO. 4 TAHUN 2010 TENTANG PENYELENGGARAAN KEPARIWISATAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DALAM PERSPEKTIF OTONOMI DAERAH DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NO. 4 TAHUN 2010 TENTANG PENYELENGGARAAN KEPARIWISATAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DALAM PERSPEKTIF OTONOMI DAERAH DI KOTA YOGYAKARTA )
BAB I, V, DAFATAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text ( IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NO. 4 TAHUN 2010 TENTANG PENYELENGGARAAN KEPARIWISATAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DALAM PERSPEKTIF OTONOMI DAERAH DI KOTA YOGYAKARTA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang diandalkan bagi penerimaan pendapatan daerah di Kota Yogyakarta. Dari sisi pendapatan daerah, terbukti bahwa realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor kepariwisataan yang tertinggi berasal dari pajak hotel dan pajak restoran. Semakin banyak wisatawan yang menggunakan jasa hotel dan restoran, semakin berdampak juga terhadap penerimaan pajak yang dihasilkan. Selain itu, kedua sektor ini juga mampu menciptakan tenaga kerja yang cukup banyak sebagai tumpuan ekonomi di daerah. Perlu adanya kajian yang mendalam terhadap kepariwisataan daerah terhadap konsep pemerintahan daerah atau otonomi daerah berdasarkan kajian Hukum Tata Negara. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: Bagaimanakah pelaksanaan Perda No. 4 Tahun 2010 terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Yogyakarta, dan Hambatan apa saja yang ditemui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam pelaksanaan Perda No. 4 Tahun 2010 terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode normatif empiris yaitu penelitian yang tidak hanya mempelajari Pasal perundang-undangan, tetapi juga menggunakan bahan yang sifatnya normatif itu dalam rangka mengolah dan menganalisis data dari lapangan yang disajikan sebagai pembahasan. Studi lapangan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh baik data primer maupun data sekunder kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu penganalisaan data untuk menggambarkan suatu masalah berikut pemecahannya dengan menggunakan uraian kalimat yang diperoleh dari data kualitatif yang telah disimpulkan. Hasil penelitian terhadap Implementasi Perda No. 4 Tahun 2010 tentang penyelenggaraan kepariwisataan terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menyebabkan peran kepariwisataan terhadap penerimaan pendapatan cukup memberikan pemasukan kepada daerah dan cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ini didukung dengan keberagaman Obyek Pariwisata yang meliputi: wisata budaya, wisata bangunan bersejarah, wisata pendidikan, wisata konvensi, wisata kuliner, wisata minat khusus dan wisata belanja. Adapun yang menjadi hambatan dari penyelengaraan kepariwisataan meliputi: Daya Dukung Infrastruktur, Keamanan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Keramahan. Pengelolaan Pendapatan Asli Daerah di Kota Yogyakarta dalam konsep kepariwisataan didasarkan kepada sistem pemerintahan yang baik (good govement).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurainiun Mangunsong, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords:
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Mar 2014 09:26
Last Modified: 10 Aug 2016 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11326

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum