FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS PEMBIAYAAN PADA BMT AMRATANI UTAMA YOGYAKARTA

IMAM HANAFI - NIM. 01390986, (2008) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS PEMBIAYAAN PADA BMT AMRATANI UTAMA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS PEMBIAYAAN PADA BMT AMRATANI UTAMA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH DALAM MEMANFAATKAN FASILITAS PEMBIAYAAN PADA BMT AMRATANI UTAMA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)

Abstract

ABSTRAK Dalam konteks keuangan mikro, berdirinya lembaga Baitul Mal wat Tamwil (BMT) merupakan salah satu perwujudan dari sistem keuangan syariah. Lembaga ini dikategorikan sebagai lembaga keuangan mikro, karena umumnya melayani masyarakat kecil yang tidak mampu berhubungan dengan lembaga perbankan. Sejak awal berdirinya BMT, lembaga ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, dari sisi kuantitas tercatat hasil yang cukup mengesankan. Untuk wilayah DIY hingga pertengahan tahun 2007, jumlah BMT telah mencapai ratusan BMT, namun yang tercatat sebagai jaringan dari BMT Amratani Group baru berjumlah 15 BMT. Meskipun demikian, ada sejumlah BMT yang tumbuh berkembang dengan baik, serta ada pula yang sebaliknya. Hal ini menimbulkan pertanyaan sejauh mana respon masyarakat, dalam hal ini pengusaha kecil, terhadap lembaga keuangan syariah pada umumnya dan BMT pada khususnya, jika ditinjau dari sudut pandang minat nasabah dalam memanfaatkan fasilitas pembiayaan pada BMT Amratani Utama Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), bersifat eksploratif dan diorientasikan untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam memanfaatkan fasilitas pembiayaan pada BMT Amratani Utama Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui metode survey (survey method) dengan teknik kuisioner, serta teknik wawancara (interview) untuk mengantisipasi responden yang tidak dapat memahami dengan baik butir-butir pertanyaan pada kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah pembiayaan pada BMT yang menjadi obyek penelitian, sedangkan metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode pemilihan sampel tidak acak (nonprobability sampling), dengan teknik sampling kemudahan (convenience sampling). Secara metodik obyek studi ini ditelaah dengan pendekatan multivariat. Dalam proses analisisnya, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor, sebuah teknik analisis yang pada prinsipnya digunakan untuk mereduksi data, yaitu proses peringkasan sejumlah variabel serta menamakannya sebagai faktor. Dari proses analisis tersebut dihasilkan 6 (enam) buah faktor, yang merupakan reduksi dari 28 variabel penelitian. Keenam faktor tersebut kemudian masing-masing dinamakan (1) Fasilitas dan Kemudahan Mendapatkan Jasa, (2) Keunggulan Produk, (3) Keandalan Pelayanan, (4) Kebutuhan dan Norma Agama, (5) Kelompok Referensi, dan (6) Promosi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa minat nasabah dalam memanfaatkan fasilitas pembiayaan pada BMT Amratani Utama Yogyakarta dipengaruhi oleh keenam faktor tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Syafiq M. Hanafi, S.Ag.,M.Ag., Pembimbing II : Joko Setyono, SE.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Minat nasabah, pemanfaatan fasilitas
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 22 May 2012 09:31
Last Modified: 09 May 2016 15:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1133

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum