STRATEGI POLITIK PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN DALAM PILKADA YOGYAKARTA 2011

KHOIRI, NIM. 08370047 (2014) STRATEGI POLITIK PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN DALAM PILKADA YOGYAKARTA 2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( STRATEGI POLITIK PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN DALAM PILKADA YOGYAKARTA 2011 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI POLITIK PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN DALAM PILKADA YOGYAKARTA 2011)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi pemenangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam pemilihan walikotaYogyakarta tahun 2011. Latar belakang dari pembahasan tentang strategi pemenangan PDIP dalam penelitian skripsi ini yakni karena adanya perbedaan lokalitas budaya dalam setiap daerah yang mempengaruhi bentuk strategi pemenangan yang diterapkan tim sukses pemenangan dalam sebuah daerah. Dalam sebuah pemilihan walikota terdapat tiga otoritas yang mempengaruhi bentuk strategi. Masing-masing otoritas tersebut yakni otoritas uang, otoritas primordial dan kepartaian. Dalam penelitian ini, peneliti terfokus pada otoritas kepartaian. Peneliti kombinasikan dengan analisis teori strategi politik yang berfokus pada komunikasi politik. Metode yang digunakan dalam penulisan skrispsi yang bertema tentang strategi politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana pencarian data dilakukan melalui wawancara terhadap tim sukses pemenangan pasangan walikota. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemenangan yang didapatkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan merupakan upaya tim sukses dalam menggunakan metode strategi politik berupa komunikasi politik yang efektif, baik terhadap masyarakat, pihak keraton dan simpatisan partai itu sendiri. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menggunakan komunikasi politik yang kompleks, sisi verbalitas, non verbal serta simbol bahkan paduan keduanya. Kemenangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan bukan hanya dipengaruhi oleh koalisi yang tepat dengan Partai Golongan Karya (Golkar) yang notabene dalam lingkup keraton, tetapi juga kejelihan pengamatan dalam merefleksikan momentum Rancangan Undang-undang Keistimewaan Yogyakarta sebagai isu politik utama. Bagaimana menemukan momentumnya dengan baik dan menghasilkan keberhasilan bagi dirinya, manakala suatu partai politik menyesuaikannya dengan harapan dan keinginan rakyat, bukan hanya keinginan partai politik semata. Strategi Politik Internal partai pun dengan penguatan mekanisme kandidatisasi adalah strategi yang secara struktural dan jangka panjang yang dilakukan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam memenangkan minimal pilkada Daerah Istimewa Yogyakarta, dan maksimal pemilu 2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Subaidi, S. Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemenangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Pemilihan Walikota Yogyakarta dan Strategi politik melalui komunikasi politik PDIP.
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Mar 2014 13:32
Last Modified: 04 May 2016 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11349

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum