FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI

YULIANA NORMAWATI, NIM. 08390134 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan pada perbankan syari‟ah yang dari waktu ke waktu yang semakin ketat, sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi serta mempertahankan loyalitas nasabahnya. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah faktor apa saja yang dapat mempengaruhi loyalitas nasabah Bank Syari‟ah Madiri. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menentukan pilahannya dalam hal transaksi keuangan sehingga tercipta loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing–masing variabel yaitu religiusitas (X1), bagi hasil (X2), produk (X3), kualitas pelayanan (X4) terhadap loyalitas nasabah (Y) dengan atau tanpa variabel moderasi (Kepuasan Nasabah). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang responden nasabah Bank Syariah Mandiri dengan mengunakan metode accidental sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan sebuah persamaan regresi. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel religiusitas, bagi hasil, produk, kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah berpengaruh signifikan secara bersama sama terhadap loyalitas nasabah. Angka Adjusted R square sebesar 0,648 menunjukkan bahwa 64,8 persen variasi loyalitas pelanggan bisa dijelaskan oleh kelima variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 35,2 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar kelima variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata kunci : religiusitas, bagi hasil, produk, kualitas pelayanan, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: JOKO SETYONO, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: religiusitas, bagi hasil, produk, kualitas pelayanan, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Mar 2014 15:22
Last Modified: 26 Sep 2016 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum