PENDIDIKAN ISLAM HUMANIS (TELAAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN ABUDDIN NATA)

’UBAIDILLAH, NIM. 09470159 (2013) PENDIDIKAN ISLAM HUMANIS (TELAAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN ABUDDIN NATA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM HUMANIS (TELAAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN ABUDDIN NATA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ISLAM HUMANIS (TELAAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN ABUDDIN NATA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (533kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa pendidikan Islam saat ini telah kehilangan aspek-aspek manusiawi karena berlandaskan pada paradigma dan metode yang tidak memberikan ruang kepada peserta didik untuk berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konsep pemikiran Abuddin Nata tentang pendidikan Islam dalam mewujudkan masyarakat yang humanis; (2) mengetahui kriteria pendidikan Islam dalam mewujudkan masyarakat yang humanis menurut Abuddin Nata. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Adapun metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif dan dengan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi serta metode analisa menggunakan metode analisis isi (content analytic). Hasil penelitian ini adalah: (1) Pemikiran Abuddin Nata tentang pendidikan Islam mengandung muatan konsep humanitas, yaitu proses pendidikan didasarkan pada pemahaman bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki berbagai potensi dalam diri mereka sehingga pemahaman terhadap manusia menjadi penting agar proses pendidikan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Dalam proses belajar mengajar Abuddin Nata menggunakan pendekatan edukatif yang berupaya memecahkan masalah yang terdapat pada peserta didik dengan cara melakukan tindakan-tindakan yang dapat mengatasi masalah tersebut tanpa bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan. Melalui pendekatan ini, perlakuan terhadap peserta didik yang bermasalah tidak dapat dilakukan dengan menggunakan cara-cara kekerasan, memberikan hukuman fisik, dan memarahinya. Dengan pendekatan edukatif cara-cara yang tidak arif tersebut tidak dapat dipergunakan, karena di samping akan membuat peserta didik semakin berkurang motivasi belajarnya, juga akan menimbulkan rasa dendam dan benci kepada guru. (2) Kriteria dari konsep pendidikan Abuddin Nata adalah strategi pembelajaran yang berpusat pada aktivitas peserta didik (student centris) dalam suasana yang lebih demokratis, adil, manusiawi, menyenangkan, membangkitkan minat belajar, merangsang timbulnya inspirasi, imajinasi, inovasi, dan semangat hidup. Dengan cara demikian, maka seluruh potensi manusia dapat tergali dan teraktualisasikan dalam kehidupan yang pada gilirannya dapat menolong dirinya untuk menghadapi berbagai tantangan hidup di era modern yang penuh persaingan. Kata kunci: Pendidikan Islam, Humanis, pedagogik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: M. Agus Nuryatno MA. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Humanis, pedagogik.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Mar 2014 07:44
Last Modified: 24 Aug 2018 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11364

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum