PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP USAHA KECIL DALAM MENGHADAPI ERA PASAR BEBAS DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 20 TAHUN 2008 TENTANG USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH

MINASRI, NIM. 10340184 (2014) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP USAHA KECIL DALAM MENGHADAPI ERA PASAR BEBAS DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 20 TAHUN 2008 TENTANG USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP USAHA KECIL DALAM MENGHADAPI ERA PASAR BEBAS DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 20 TAHUN 2008 TENTANG USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP USAHA KECIL DALAM MENGHADAPI ERA PASAR BEBAS DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 20 TAHUN 2008 TENTANG USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pemberlakuan pasar bebas di kawasan ASEAN merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan perekonomian yang maju. Para pengusaha harus mampu bersaing dalam era pasar bebas ini tidak terkecuali usaha kecil yang ada di Indonesia. Keberadaan usaha kecil di Indonesia mempunyai peran penting bagi kesejahteraan masyarakat dan pembangunan ekonomi di Indonesia. Oleh karena itu, keberadaan usaha kecil harus dilindungi karena usaha kecil adalah cikal bakal lahirnya usaha besar. Hampir di seluruh pelosok Indonesia tidak terkecuali Yogyakarta usaha kecil menjad pilihan dalam mengembangkan roda ekonomi. Banyak kendala yang dihadapi oleh para pengusaha kecil dalam menghadapi era pasar bebas di antaranya: rendahnya akses terhadap informasi dan teknologi, kurangnya akses terhadap sumber permodalan, rendahnya sumber daya manusia (SDM). Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka penyusun menggunakan metode deskriptif analitik dalam penelitia ini. Metode tersebut diperoleh melalui data-data yang bersumber pada hasil observasi, hasil wawancara, telaah pustaka, media massa, serta sumber-sumber lain yang mendukung dan berkaitan dengan objek penelitian penyusun. Penelitian lapangan (field research) ini menggunakan pendekatan Yuridis-Normatif dalam artian, suatu masalah dipandang berdasarkan sisi hukum kemudian dikaitkan dengan norma yang berlaku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha kecil merupakan usaha padat karya yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia tidak terkecuali Yogyakarta. Pemberlakuan pasar bebas ternyata membawa dampak tersendiri bagi para pelaku usaha kecil. Ada dua dampak yang dirasakan oleh usaha kecil dengan adanya pemberlakuan pasar bebas. Pertama: dampak positif dirasakan masyarakat dapat menikmati produk tidak hanya dari dalam negri melainkan dari berbagai Negara, terjalinya hubungan internasional antar Negara, setiap individu dapat memiliki kekayaan sumber daya produksi, Kedua: dampak negatif dirasakan para usaha kecil karena masyarakat semakin konsumtif terhadap barang-barang luar negri yang harganya lebih murah, banyaknya pengangguran karena produsen kalah bersaing dengan produsen luar negeri, banyaknya pengusaha yang bangkrut dikarenakan kalah bersaing dengan para pengusaha yang mempunyai cukup modal. Dalam hal perlindungan hukum terhadap usaha kecil dalam menghadapi era pasar bebas pemerintah khususnya kota Yogyakarta dalam hal ini membentuk sebuah organisasi yang bernama Griya UMKM sebagai realisasi amanat dari Undang-Undang No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pembentukan organisasi ini tidak lain adalah demi mempertahankan eksistensi usaha kecil agar dapat bersaing di era pasar bebas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Iswantoro SH.,M.H
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Mar 2014 15:33
Last Modified: 28 Dec 2016 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11365

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum