PEMIKIRAN POLITIK DAN PERJUANGAN KH. M. HASYIM ASY’ARI MELAWAN KOLONIALISME

YUSRIANTO, NIM. 06370043 (2014) PEMIKIRAN POLITIK DAN PERJUANGAN KH. M. HASYIM ASY’ARI MELAWAN KOLONIALISME. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PEMIKIRAN POLITIK DAN PERJUANGAN KH. M. HASYIM ASY’ARI MELAWAN KOLONIALISME )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( PEMIKIRAN POLITIK DAN PERJUANGAN KH. M. HASYIM ASY’ARI MELAWAN KOLONIALISME )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

KH. M. Hasyim Asy‟ari adalah salah satu ulama besar yang pemikiran-pemikirannya menjadi rujukan, semangat perjuangannya yang sangat inspiratif bagi generasi bangsa. Pemikiran politik Hasyim Asy‟ari kerap kali menjadi landasan perjuangan bangsa Indonesia. Salah satunya ialah fatwa jihad yang selalu dikobarkan untuk membebaskan Indonesia dari kungkungan kaum penjajah. Fatwa jihad itulah yang pada akhirnya menjadi resolusi jihad dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah. Semangat juang Hasyim Asy'ari yang tak pernah surut melawan kelaliman penjajah membuat masyarakat terpesona mengikuti jejaknya untuk ikut serta berjuang merebut kemerdekaan. Masyarakat rela berkorban demi dan untuk mempertahankan Tanah Airnya. Agresifitas perjuangan Hasyim Asy‟ari dalam melakukan perlawanan baik terhadap kolonialis Belanda maupun Jepang menjadi bukti bahwa beliau adalah figur yang patut dikenang dan diperhitungkan kontribusinya dalam sejarah perjalanan bangsa ini. Prinsip hidup Hasyim Asy‟ari menempatkan perjuangan membela Tanah Air sebagai sebuah kewajiban. Oleh karena itu, ia tidak ingin berkompromi dengan Belanda dan Jepang di tengah tekanan yang coba dilancarkan untuk menduduki dan menguasai bumi Indonesia. Hasyim Asy‟ari menganggap bahwa menyerah terhadap penjajah sama artinya dengan mengkhianati bangsa dan negara. Ia selalu mengobarkan semangat perlawanan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Fatwa-fatwa Hasyim Asy'ari telah berhasil membakar api revolusi dan menggoncang sendi-sendi imperialisme Belanda. Penelitian ini menggunakan teori jihad Al-Mawardi yang berisi tentang semangat jihad melawan orang kafir di negara muslim. Teori ini dikuatkan dengan pendekatan psikologi sosial yang menekankan peran individu/sosok dalam menggerakkan massa melawan penjajah. Dari penelitian ini ditemukan bahwa Hasyim Asy‟ari menjadi tokoh sentral dalam menggerakkan perjuangan rakyat melawan kolonialisme. Pemikiran dan perjuangannya menjadi bukti kecintaan terhadap tanah air Indonesia. Karena, cinta tanah air adalah bagian dari iman. Hal ini menjadi inspirasi penting dalam sejarah perjuangan rakyat melawan penjajah yang dikomando oleh kekuatan santri dan ulama/kiai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M. Rizal Qosim, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Keyword : KH. M. Hasyim Asy‟ari, Fatwa jihad, perjuangan, kolonialis-Belanda, Jepang, dan kemerdekaan
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Mar 2014 14:13
Last Modified: 04 May 2016 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum