PERAN MEDIA MASSA DALAM PEMENANGAN PEMILUKADA DKI JAKARTA 2012 PUTARAN PERTAMA

DIDIK BADRUDDIN, NIM. 08370036 (2014) PERAN MEDIA MASSA DALAM PEMENANGAN PEMILUKADA DKI JAKARTA 2012 PUTARAN PERTAMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN MEDIA MASSA DALAM PEMENANGAN PEMILUKADA DKI JAKARTA 2012 PUTARAN PERTAMA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN MEDIA MASSA DALAM PEMENANGAN PEMILUKADA DKI JAKARTA 2012 PUTARAN PERTAMA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Media massa bertindak sebagai penyalur informasi seputar Pemilukada DKI Jakarta maupun sebagai media sosialisasi aktor politik untuk memperoleh dukungan. Meskipun media massa dapat diakses oleh setiap lapisan masyarakat, namun pengetahuan masyarakat terhadap politik maupun kesadaran untuk menggunakan hak pilihnya masih rendah. Maka dalam skripsi ini, penulis melakukan penelitian lebih lanjut permasalahan peran media massa dalam pemenangan Pemilukada DKI Jakarta 2012, seputar peran media massa dalam memberikan pengaruh terhadap masyarakat untuk menentukan pilihan politiknya. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran media massa terhadap kemenangan pasangan Cagub-Cawagub Jokowi-Ahok pada Pemilukada DKI Jakarta 2012 Putaran Pertama. Data yang terkumpul dideskripsikan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan analisis pada pokok masalah peran media massa dalam pemenangan Pemilukada DKI Jakarta 2012 Putaran Pertama. Setelah penyusun membahas secara keseluruhan, maka secara garis besar dapat disimpulkan bahwa media massa sebagai alat informasi memiliki fungsi sebagai alat untuk mensosialisasikan Pemilukada DKI Jakarta 2012 kepada masyarakat. Media massa juga merupakan alat untuk meningkatkan popularitas, akseptabilitas serta elektabilitas kandidat. Para aktor politik tidak hanya berlomba-lomba mencitrakan hal-hal positif tentang dirinya, namun mereka juga melontarkan hal-hal negatif lawan politik mereka di media massa atau biasa disebut dengan istilah black campaign. Kedudukan media sebagai alat untuk merekonstruksi dan mempengaruhi opini publik mampu mengarahkan pemikiran masyarakat untuk mendukung, menentang atau netral terhadap kandidat calon Gubernur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Yani Anshori, M.A.
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2014 09:40
Last Modified: 04 May 2016 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum