NILAI-NILAI MORAL DALAM BUKU PEPALI KI AGENG SELA KARYA SOETARDI SOERYOHOEDOYO DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

AHMAD FAHRUR ROZI, NIM. 09410144 (2013) NILAI-NILAI MORAL DALAM BUKU PEPALI KI AGENG SELA KARYA SOETARDI SOERYOHOEDOYO DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI MORAL DALAM BUKU PEPALI KI AGENG SELA KARYA SOETARDI SOERYOHOEDOYO DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI MORAL DALAM BUKU PEPALI KI AGENG SELA KARYA SOETARDI SOERYOHOEDOYO DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Ahmad Fahrur Rozi. Nilai-nilai moral dalam serat pepali Ki Ageng Sela dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Skripsi.Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai moral dalam buku Pepali Ki Ageng Sela karya Soetardi Soeryohoedoyo dalam perspektif Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berjenis kajian pustaka (library Research), yaitu studi tentang nilai pendidikan moral dalam buku Pepali Ki Ageng Sela karya Soetardi Soeryohoedoyo dalam perspektif Pendidikan Agama Islam. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan cara mencari, memilih, menyajikan dan menganalisis data-data dari literature atau sumber-sumber yang terkait dengan tema penelitian. Analisis data yang digunakan analisis hermeneutik yaitu proses penelaahan isi dan maksud yang menafsirkan sebuah teks sampai pada maknanya yang terdalam Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat banyak nilai-nilai moral di dalam buku pepali Ki Ageng Sela karya Soetardi Soeryohoedoyo. Penulis mengelompokkan nilai-nilai moral ini menjagi lima kelaompok, yaitu : Pertama, nasihat berbentuk pepali. Kedua, nasihat untuk berbuat baik. Ketiga, nasihat menjadi manusisa utama. Keempat, nasihat tentang kehidupan dan yang terakhir adalah nasihat tentang aqidah. Kemudian penulis melihat nilai-nilai moral tersebut dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Nur Hamidi, M.A.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Mar 2014 08:06
Last Modified: 28 Jul 2017 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11408

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum