Nilai-Nilai Akhlak dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Analisis Isi Terhadap Buku Pelajaran SKI Madrasah Aliyah)

AHMAD SHOLIHUL ANAM, NIM. 09410256 (2013) Nilai-Nilai Akhlak dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Analisis Isi Terhadap Buku Pelajaran SKI Madrasah Aliyah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Nilai-Nilai Akhlak dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Analisis Isi Terhadap Buku Pelajaran SKI Madrasah Aliyah))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Nilai-Nilai Akhlak dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Studi Analisis Isi Terhadap Buku Pelajaran SKI Madrasah Aliyah))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (499kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan-pesan agama yaitu nilainilai akhlak yang terkandung dalam buku pelajaran Sejarah Kebuyaan Islam dan mengungkap relevansi nilai-nilai akhlak tersebut dengan Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini penulis memilih buku pelajaran SKI karena buku ini mempunyai pesan nilai-nilai akhlak didalamnya. Fokus penelitian ini ingin mengungkap nilai-nilai akhlak dalam buku pelajaran SKI ini dan relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menyempurnakan media Pendidikan Agama Islam dan dapat memberikan konstribusi terhadap kemajuan dalam bidang pendidikan terutama masalah akhlak serta memberikan manfaat dalam upaya memaksimalkan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), pendekatan yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah pendekatan sejarah. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode analisis isi (Content Analisys). Dalam hal ini penulis akan menganalisis tentang nilai-nilai akhlak yang ada didalam buku pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah karya Murodi, MA., kemudian mengungkap relevansinya dengan tujuan, kurikulum, metode, serta pendidik dan peserta didik dalam Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya nilai-nilai akhlak yang terdapat didalam buku pelajaran sejarah kebudayaan islam ini, yaitu: 1.) Akhlak terhadap Allah SWT yang meliputi: memuji Allah, beribadah kepada Allah SWT, berdo’a kepada Allah, tafakur, dan tawakal 2.) Akhlak terhadap Rasulullah SAW yang meliputi: Mencintai dan Memuliakan Rasulullah SAW, Mengikuti dan Mentaati Ajaran Rasulullah SAW 3.) Akhlak terhadap sesama yang meliputi tolongmenolong, menjalin persaudaraan, dan musyawarah, 4.) Akhlak kepada Diri sendiri yang terdiri: kerja keras, pemaaf, rendah hati, dan bijaksana, 5.) Akhlak terhadap keluarga yang terdiri: menyayangi keluarga, mencari nafkah dan menjadi keamanan keluarga 6.) Akhlak terhadap Negara yang meliputi: Menjadi pemimpin yang adil, dan Demokrasi. Adapun relevansi nilai akhlak dalam buku pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah ini dengan Pendidikan Agama Islam yaitu keduanya sama-sama mengajak kepada kebaikan dan menghindari sifat tercela untuk membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa serta berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Rofik, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Mar 2014 08:06
Last Modified: 28 Jul 2017 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11414

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum