TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DAN UPAYA REHABILITASINYA (STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS II A YOGYAKARTA)

JODIA PUTRA, NIM. 09340024 (2014) TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DAN UPAYA REHABILITASINYA (STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS II A YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DAN UPAYA REHABILITASINYA (STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS II A YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DAN UPAYA REHABILITASINYA (STUDI DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KLAS II A YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Masalah penyalahgunaan narkotika merupakan masalah yang sangat kompleks, yang memerlukan upaya penanggulangan secara menyeluruh dengan melibatkan kerja sama multidispliner, multisektor, dan peran serta masyarakat secara aktif yang dilaksanakan secara berkesinambungan, konsekuen dan konsisten. Sasaran terapi rehabilitasi terpidana perkara narkotika ditujukan kepada kelompok pemakai/pecandu yang menjadi korban kejahatan dari para pemasok pengedar narkotika tersebut. Narapidana yang telah mengetahui segala sesuatunya tentang proses pengadilan, maka pola pembinaan yang ada bagi narapidana umum dengan lebih menekankan pada program terapi rehabilitasi di serahkan kepada Lembaga Pemasyarakatan Narkotika di mana mereka menjalani hukuman. Secara umum terapi rehabilitasi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas II A Yogyakarta. bertujuan agar mereka dapat menjadi manusia seutuhnya. Berdasarkan latar belakang tersebut kemudian memunculkan rumusan masalah sebagai berikut, bagaimana bentuk tindak pidana penyalahgunaan narkotika dan sanksi pidana juga upaya rehabilitasi serta hambatan-hambatan dalam pelaksanan rehabilitasi di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas II A Yogyakarta? Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka penelitian ini menggunakan studi lapangan (field research), yaitu langsung ke lokasi penelitian yakni Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas II A Yogyakarta dengan mengadakan wawancara, menyebarkan angket dan mengambil data yang dibutuhkan terkait bentuk tindak pidana narkotika dan sanksi pidana juga bagaimana upaya rehabilitasi dan hambatan dalam pelaksanaan rehabilitasi bagi pencandu narkotika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tindak pidana narkotika dan sanksi pidananya, serta upaya rehabilitasi dan hambatan dalam pelaksanaan rehabilitasi bagi pecandu di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas II A Yogyakarta. Bentuk tindak pidana narkotika ada 3 golongan yaitu penyalahgunaan/melebihi dosis, pengedaran narkotika, dan jual beli narkotika. Dari ketiga golongan tindak pidana narkotika itu merupakan salah satu sebab terjadinya berbagai macam bentuk tindak pidana kejahatan dan pelanggaran. Upaya rehabilitasi penyalahgunaan narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas II A Yogyakarta mencakup 2 (dua) program yaitu terapi rehabilitasi sosial dan terapi rehabilitasi medis. Dalam rangka perbaikan kembali terhadap kondisi fisik dan psikis (jiwa) serta sosial masyarakat. Terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan terapi rehabilitasi di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika klas II A Yogyakarta, sulitnya mengendalikan diri si pecandu dan kurangnya minat para pecandu di rehabilitasi. Hambatan lainya yaitu kurangnya sarana dan sumber daya petugas untuk menjalani terapi rehabilitasi sosial dan terapi rehabilitasi medis di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas II A Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Udiyo Basuki, S.H., M.Hum.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2014 10:32
Last Modified: 15 Aug 2016 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum