NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KESENIAN KUBRO SISWO DI DUSUN BANARAN, SIDOSARI, SALAMAN, MAGELANG

AHMAD TAIB, NIM. 09410200 (2013) NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KESENIAN KUBRO SISWO DI DUSUN BANARAN, SIDOSARI, SALAMAN, MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KESENIAN KUBRO SISWO DI DUSUN BANARAN, SIDOSARI, SALAMAN, MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KESENIAN KUBRO SISWO DI DUSUN BANARAN, SIDOSARI, SALAMAN, MAGELANG)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (689kB)

Abstract

Ahmad Taib. Nilai Pendidikan Islam dalam Kesenian Kubro Siswo di Dusun Banaran, Sidosari, Salaman, Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2013. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan Islam meliputi proses pembelajaran, pembiasaan, pembudayaan, dan pelatihan nilai-nilai yang religius dalam mengembangkan fitrah kemanusiaan menuju kedewasaan. Maka kegiatan pendidikan perlu mempertimbangkan potensi dan kultur lokal. Dalam memperoleh pendidikan Islam tidak harus melalui jalur sistem persekolahan saja, akan tetapi dapat diperoleh lewat organisasi kesenian. Kesenian Kubro Siswo merupakan kesenian yang berlatar penyebaran ajaran Islam, di dalamnnya memuat nilai-nilai pendidikan Islam. Oleh karena itu penelitian ini berupaya untuk mengetahui unsur dan nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kesenian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar Dusun Banaran, Sidosari, Salaman, Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pendidikan dalam Kubro Siswo adalah untuk mencari ilmu pengetahuan, mendekatkan diri kepada Allah dan membentuk akhlak mulia. Materi yang disampaikan dalam Kubro Siswo mencakup materi pokok pendidikan Islam yaitu akidah, ibadah dan akhlak. Pendidik merupakan figur yang menjadi suritauladan bagi anak didiknya. Peserta didik merupakan manusia lemah yang belum dewasa sehingga ia memerlukan pendidikan sebagai penunjang proses kedewasaan melalui seorang pendidik. Kubro Siswo menggunakan metode situansial, merupakan metode yang mendorong peserta didik untuk belajar dengan perasaan senang dan memberikan kesan-kesan yang menyenangkan. Di dalam kesenian Kubro Siswo di Dusun Banaran Sidosari, Salaman, Magelang mengandung nilai-nilai pendidikan Islam. Nilai pendidikan Islam antara lain terdapat dalam gerakan tari dan syair lagu pengiring. Dalam gerakan tari terdapat ajaran untuk menghormati orang lain. sedangkan dalam syair lagu pengiring kesenian Kubro Siswo terkandung nilai pendidikan keimanan meliputi: iman kepada Allah, iman kepada kitab dan iman kepada Rosul. Nilai pendidikan ibadah meliputi: sholat, zakat, puasa, dan haji. Selanjutnya dalam pendidikan akhlak meliputi: menghormati orang lain, bersifat jujur, gotong royong dan meneladani perilaku Rosulullah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Usman, SS., M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Mar 2014 08:06
Last Modified: 28 Jul 2017 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11420

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum