PENGEMBANGAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KALASAN

ARIE NURDIANSYAH, NIM. 09410259 (2013) PENGEMBANGAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KALASAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KALASAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (577kB)

Abstract

ARIE NURDIANSYAH. Pengembangan Nilai-Nilai Multikultural Dalam Materi Pendidikan Agama Islam Terhadap Sikap Toleransi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kalasan. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2013. Siswa SMP secara umum sudah sedikit mampu bersikap dalam menghadapi siswa atau orang lain yang berbeda dengan dirinya. Namun pada siswi perempuan keadaan terjadi sebaliknya, yang cenderung membentuk geng atau kelompok. Kemudian adanya pengelompokan kelas-kelas khusus memungkinkan menjadikan siswa hanya ingin berinteraksi dengan teman sekelasnya. Selain itu pula adanya latar belakang agama dan ekonomi yang berbeda membuat siswa terkadang hanya ingin berteman dengan ekonomi dan agama yang sama dengan dirinya. Melalui penanaman dan penekanan nilainilai multikultural yang terdapat dalam materi PAI kiranya mampu merespon konflik-konflik yang ada, menghormati perbedaan dan berkontirbusi bagi berkembangnya sikap toleransi terutama pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh pengembangan nilai-nilai multikultural dalam materi PAI kelas VIII terhadap sikap toleransi siswa di SMP Negeri 1 Kalasan. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian ekspos fakto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 196 siswa. Penentuan sampel menggunakan nomogram Harry King dengan 123 jumlah sampel dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrumen melalui analisis validitas dan analisis reriabelitas. Analisis data melalui uji normalitas Chi Kuadrat, analisis korelasi Kendall’s Tau dan koefisien determinasi menggunakan SPSS 16 for Window. Hasil penelitian ini yaitu nilai-nilai multikultural yang terkandung dalam materi pendidikan agama Islam kelas VIII yaitu sikap tebuka dalam berfikir dan pengembangan tanggung jawab manusia terhadap planet bumi, toleransi, sikap saling menghargai dan membangun saling pecaya atau husnudzan, pengembangan tanggung jawab masyarakat dunia, interpenden, rekonsiliasi nirkekerasan, pengakuan terhadap HAM dan apresiasi terhadap pluralitas budaya. Sikap toleransi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan yaitu saling menghargai menghormati sesama siswa yang berbeda agama dan latar belakang keluarganya, tidak pernah membeda-bedakan dalam berteman dan saling menghormati terhadap keyakinan masing-masing. Hasil uji normalitas nilai-nilai multikultural pendidikan agama Islam kelas VIII sebesar 43.683 dan uji normalitas sikap toleransi siswa sebesar 40.33. Analisis korelasi Kendall’s Tau koefisien korelasi sebesar 0.556 yang menunjukkan adanya hubungan yang subtansial. Nilai-nilai multikultural dalam materi PAI kelas VIII mempunyai pengaruh sebesar 30.9136% terhadap sikap toleransi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Mar 2014 08:07
Last Modified: 28 Jul 2017 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11435

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum