PENGARUH KONSEP ISLAM POLITIEK SNOUCK HURGRONJE TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH HINDIA BELANDA DALAM HAL TAREKAT MISTIK, HAJI DAN ZAKAT FITRAH

TAUFANNY WAHYU HARTANTO , NIM. 08370037 (2014) PENGARUH KONSEP ISLAM POLITIEK SNOUCK HURGRONJE TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH HINDIA BELANDA DALAM HAL TAREKAT MISTIK, HAJI DAN ZAKAT FITRAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KONSEP ISLAM POLITIEK SNOUCK HURGRONJE TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH HINDIA BELANDA DALAM HAL TAREKAT MISTIK, HAJI DAN ZAKAT FITRAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KONSEP ISLAM POLITIEK SNOUCK HURGRONJE TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH HINDIA BELANDA DALAM HAL TAREKAT MISTIK, HAJI DAN ZAKAT FITRAH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berisikan tentang latar belakang kebijakan-kebijakan pemerintah Hindia Belanda yang dipengaruhi oleh konsep Islam Politiek Snouck Hurgronje terhadap ritual ibadah umat Islam, terutama dalam hal tarekat mistik, haji dan zakat fitrah. Pemberontakan yang dimotori oleh para haji dan pimpinan mistik kepada pemerintah Belanda, disebabkan penindasan dan turut campurnya pihak pemerintah terhadap urusan-urusan keagamaan yang tidak memihak kepada rakyat pribumi. Dalam perjuangan melawan pemerintah kolonial, sebagian biaya peperangan diambil dari dana zakat yang dikumpulkan oleh umat Islam pribumi. Melihat hal tersebut pihak pemerintah Belanda merasa perlu untuk menerapkan konsep Islam Politiek Snouck Hurgronje selaku penasehat gubernur jendral Hindia Belanda urusan Islam dan kepribumian. Penelitian ini menggunakan metode sejarah. Data-data yang didapat berasal dari studi kepustakaan. Dalam studi kepustakaan yang dilakukan, peneliti berusaha menemukan sumber-sumber yang relevan dengan topik penelitian. Kemudian datadata tersebut dikaji dan dianalisa sehingga menjadi sebuah tulisan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa kebijakan pemerintah Belanda dengan landasan Islam politiek Snouck terhadap tarekat mistik, haji dan zakat tidak hanya bertujuan untuk meredam perlawanan rakyat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, tetapi pemerintah Hindia Belanda juga ingin menguasai seluruh wilayah Indonesia dengan menanamkan sistem aturanya di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. M. Rizal Qosim, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: tarekat, mistik, haji, zakat
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2014 15:46
Last Modified: 04 May 2016 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11456

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum