PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI KENAKALAN SISWA DI SMP N 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA (Analisis Terhadap Proses Pembelajaran PAI di Kelas VIII)

AWALUDIN, NIM.09410074 (2013) PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI KENAKALAN SISWA DI SMP N 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA (Analisis Terhadap Proses Pembelajaran PAI di Kelas VIII). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI KENAKALAN SISWA DI SMP N 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA (Analisis Terhadap Proses Pembelajaran PAI di Kelas VIII))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI KENAKALAN SISWA DI SMP N 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA (Analisis Terhadap Proses Pembelajaran PAI di Kelas VIII))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB)

Abstract

Profesionalisme Guru PAI Dalam Menghadapi Kenakalan Siswa di SMP N 2 Kalasan Sleman Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai profesionalisme guru dalam menghadapi kenakalan siswa kelass VIII di SMP N 2 Kalasan Sleman Yogyakarta. Bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan, Upaya Profesionalisme guru PAI dalam menghadapi kenakalan siswa. Faktor pendukung dan penghambat Profesionalisme guru PAI dalam menghadapi kenakalan siswa kelas VIII SMP N 2 Kalasan. Hasil yang dicapai Guru PAI yang Profesional dalam menghadapi kenakalan siswa kelas VIII SMP N 2 kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisa, dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan menjelaskan fenomena yang terjadi di lapangan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profesionalisme guru PAI dalam menghadapi kenakalan siswa dengan melakukan beberapa upaya menasehati siswa secara langsung di kelas, melakukan bimbingan dalam membaca Al- Quran dan menanamkan kepada pribadi siswa nilai –nilai agama. Guru PAI melakukan kerja sama dengan guru BK di sekolah dalam menghadapi kenakalan siswa kelas VIII. Guru PAI menanamkan nilai- nilai keislaman pada siswa dengan melakukan ibadah di masjid sekolah 2) Bentuk –bentuk kenakalan siswa di SMP N 2 Kalasan seperti: Siswa ribut di dalam kelas ketika guru menyampaikan pelajaran, siswa tidak masuk tanpa keterangan, siswa mencontek jawaban temannya saat ujian semester, siswa tidak menggunakan seragam dengan baik di dalam kelas, siswa merokok di sekolah. 3) faktor pendukung guru dalam menghadapi kenakalan siswa secara profesional letak sekolah yang strategis yang jauh dari keramaian kota, terjalinnya kerjasama dengan guru PAI dengan pihak sekolah, terjalinnya komunikasi yang baik antara guru dan siswa di sekolah, tersedianya fasilitas yang mendukung di sekolah, adanya larangan bagi siswa untuk membawa Hp. Faktor penghambat, latar belakang siswa yang berbeda, guru tidak dapat memantau siswa di rumah, terdapat siswa yang kurang mampu membaca Al-Quran di kelas, kurang tegasnya guru PAI dalam memberikan sanksi kepada siswa yang nakal, teknologi yang berkembang cepat. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis menyimpulkan bahwa guru PAI di SMP N 2 Kalasan termassuk dalam katagori guru yang profesional dalam menghadapi kenakalan siswa kelas VIII di SMP N 2 Kalasan. Yang dibuktikan dengan kurangnya siswa bahkan jarang siswa yang melakukan penyimpangan d i sekolah. Kata kunci : Profesionalisme guru PAI, Kenakalan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru PAI, Kenakalan siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Mar 2014 15:16
Last Modified: 06 Aug 2018 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11464

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum