NILAI-NILAI KETAUHIDAN DALAM AL-QUR’AN SURAH ALBAQARAH AYAT 21-22 DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Terhadap Tafsir Al-Mishbah)

DEDE SULAEMAN APANDI, NIM. 06410150 (2013) NILAI-NILAI KETAUHIDAN DALAM AL-QUR’AN SURAH ALBAQARAH AYAT 21-22 DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Terhadap Tafsir Al-Mishbah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KETAUHIDAN DALAM AL-QUR’AN SURAH ALBAQARAH AYAT 21-22 DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Terhadap Tafsir Al-Mishbah))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KETAUHIDAN DALAM AL-QUR’AN SURAH ALBAQARAH AYAT 21-22 DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Terhadap Tafsir Al-Mishbah))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB)

Abstract

Nilai-nilai Ketauhidan dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah Ayat 21-22 dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam (Kajian Terhadap Tafsir Al-Mishbah). Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa fenomena berbangsa dan bernegara di bawah payung Pancasila dengan Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sila pertama yang seharusnya rukun dalam kehidupan beragama, namun kenyataannya kita masih dihantui prasangka negatif bahkan penuh kebencian melihat pihak lain yang berbeda keyakinan. Islam dengan pilar tauhid menyatakan dirinya sebagai rahmatan lil’alamin (rahmat bagi seluruh alam), akan tetapi umat Islam belum sepenuhnya mampu merealisasikan misi besar tersebut. Dengan demikian kebutuhan untuk memiliki sebuah pendidikan Islam yang bernaung dibawah bimbingan sumber dasar ajaran Islam melalui penanaman nilai-nilai dasar keyakinan merupakan keniscayaan. Tafsir Al-Mishbah hadir dengan bahasa Indonesia sehingga mudah untuk dipelajari. Harapan terwujudnya semangat beragama dengan menggalinya dari sumber ajaran Islam secara langsung semakin terbuka lebar sehingga masyarakat semakin dewasa dalam beragama. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian kepustakaan. Pengumpulan data yang meliputi sumber data primer dan sekunder untuk kemudian disimpulkan serta implikasinya terhadap tujuan pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis dengan metode hermeneutika. Pengolahan data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Dengan metode content analysis, kandungan Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22 dalam Tafsir Al-Mishbah dianalisis secara mendalam dan menyeluruh supaya memperoleh kesimpulan yang bersifat khusus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat nilai-nilai ketauhidan dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 21-22 dalam Tafsir Al-Mishbah yang meliputi (a) nilai tauhid ‘ubudiyah dengan ajakan universal kepada seluruh manusia untuk melaksanakan ibadah, (b) nilai tauhid rububiyah dengan penegasan bahwa pelaksanaan ibadah yang dilakukan hanya harus ditujukan kepada Tuhan sebagai Pencipta seluruh umat manusia, langit, bumi, pemberi rezeki, dll., dan (c) nilai tauhid uluhiyah yang memerintahkan agar hanya menjadikan Allah SWT sebagai Tuhan dengan melarang menyekutukannya dengan yang lain. (2) Relevansi nilai-nilai ketauhidan di atas dengan tujuan pendidikan Islam bermuara pada tugas dan fungsi manusia di dunia ini yaitu (a) manusia sebagai ‘abdullah (hamba Allah), dalam hal ini kaitannya dengan ketiga nilai-nilai ketauhidan di atas, dan (b) manusia sebagai khalifatullah (wakil Allah), hal ini berkaitan dengan rangkaian ayat yang menjelaskan tentang keharusan beribadah dengan diiringi penjelasan bahwa Allah SWT yang telah menciptakan manusia dan seluruh alam semesta agar manusia sadar bahwa keberadaannya di dunia ini bersama dengan makhluk lain yang membutuhkan pengelolaan yang baik agar dapat diambil manfaat bagi kehidupan manusia sendiri serta tidak merusak tatanan yang telah disusun secara baik oleh Allah SWT Sang Mahapencipta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Usman, SS., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tauhid, al Baqarah, pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Apr 2014 07:38
Last Modified: 28 Jul 2017 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11468

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum