PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KIBAR (KULIAH INTENSIF BAHASA ARAB) KOTAGEDE YOGYAKARTA (Tinjauan Metode)

DEWI TRIWAHYUNI, NIM. 09420048 (2013) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KIBAR (KULIAH INTENSIF BAHASA ARAB) KOTAGEDE YOGYAKARTA (Tinjauan Metode). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KIBAR (KULIAH INTENSIF BAHASA ARAB) KOTAGEDE YOGYAKARTA (Tinjauan Metode))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KIBAR (KULIAH INTENSIF BAHASA ARAB) KOTAGEDE YOGYAKARTA (Tinjauan Metode))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (675kB)

Abstract

Dewi Triwahyuni, Pembelajaran Bahasa Arab di KIBAR (Kuliah Intensif Bahasa Arab) Kota Gede Yogyakarta (Tinjauan Metode). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di KIBAR serta bagamana efektifitasnya dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab dan khususnya KIBAR. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket untuk mendapatkan data kuantitatif sebagai pendukung data kualitatif. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan dua macam analisa data yaitu analisa data kualitatif dan analisa kuantitatif. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) dalam pembelajaran bahasa Arab di KIBAR pengajar menggunakan metode campuran (Eclectic method). (2) efektifitas pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Eclectic dapat dikatakan efektif. Hal tersebut dibutikan dengan hasil nilai ujian akhir yang ratarata mahasiswa mendapatkan nilai Jayyid dan berdasarkan angket tentang tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan metode eclectic yang menunjukan 67,56% mudah diterima dan dipahami, 32,43% cukup mudah diterima dan dipahami dan 0% sulit diterima dan dipahami. (3) Dalam pembelajaran bahasa Arab di KIBAR ada beberapa faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran. Faktor penghambat pembelajaran yang pertama adalah latar belakang kemampuan mahasiswa terhadap bahasa Arab yang berbeda-beda yaitu ada beberapa mahasiswa yang belum mampu menulis dan membaca teks arab, dan yang kedua mahasiswa kurang aktif dalam mengulang materi yang telah disampaikan dan kurang rajin hadir dalam perkuliahan. Faktor pendukung pembelajaran antara lain minat mahasiswa yang tinggi terhadap bahasa Arab, lingkungan yang nyaman untuk pembelajaran dan fasilitas pembelajaran yang cukup. Kata kunci: bahasa arab, kibar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Asrori Saud M.Si
Uncontrolled Keywords: bahasa arab, kibar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Apr 2014 15:29
Last Modified: 20 Apr 2017 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum