MANAJEMEN DISTRIBUSI ZAKAT UNTUK PENDIDIKAN SANTRI TPA DI BAZNAS KOTA YOGYAKARTA (STUDI PADA PROGRAM YOGYA TAQWA TAHUN 2013)

FAND ACHMAD SUSENO, NIM. 10240082 (2014) MANAJEMEN DISTRIBUSI ZAKAT UNTUK PENDIDIKAN SANTRI TPA DI BAZNAS KOTA YOGYAKARTA (STUDI PADA PROGRAM YOGYA TAQWA TAHUN 2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN DISTRIBUSI ZAKAT UNTUK PENDIDIKAN SANTRI TPA DI BAZNAS KOTA YOGYAKARTA (STUDI PADA PROGRAM YOGYA TAQWA TAHUN 2013))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN DISTRIBUSI ZAKAT UNTUK PENDIDIKAN SANTRI TPA DI BAZNAS KOTA YOGYAKARTA (STUDI PADA PROGRAM YOGYA TAQWA TAHUN 2013))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam pendistribusian zakat tidak hanya untuk kepentingan pribadi ini tetapi untuk kepentingan bersama karena islam mempunyai konsep menegakan keadilan sosial dengan penunaian zakat dan dalam alquran juga tidak terdapat ayat-ayat yang menjelaskan pendidikan salah satu bagian dari mustahiq zakat selain dari delapan asnaf. Manajemen distribusi zakat sangat perlu untuk diperlukan agar zakat yang salurkan tepat sasaran dan tepat guna. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui bagaimana manajemen distribusi zakat untuk pendidikan santri TPA di BAZNAS Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif Pengumpulan data menggunakan interview, observasi dan dengan dokumentasi yaitu mencari data berupa dokumen dan makalah tentang BAZNAS Kota Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan: 1) Manajemen distribusi zakat untuk pendidikan santri TPA oleh BAZNAS Kota Yogyakarta dilakukan dengan prinsip prinsip manajemen modern, yakni pencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. dan dilakukan dengan hasil pendataan dan penelitian kebenaran mustahiq delapan asnaf. Mendahulukan orang-orang yang paling tidak berdaya memenuhi kebutuhan dasar secara ekonomi dan sangat memerlukan bantuan dan menutamakan santri TPA mustahiq daerah kota Yogyakarta. 3) dilakukan dengan kemaslahatan menciptakan generasi ulama yang berkualitas dan berkuantitas, membantu meningkatkan iman dan taqwa serta akhlak anak-anak santri TPA se-kota Yogyakarta untuk berdakwah dan menyebarluaskan ajaran agama islam yang berada di kota Yogyakarta khususnya. 4) Faktor Pendukung BAZNAS Kota Yogyakarta banyak kerjasama dalam pendataan dan pendistribusian zakat. Faktor Penghambat terdapat pada laporan surat pertanggungjawaban dari unit TPA kepada BAZNAS Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Okrisal Eka Putra, LC.MA
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Apr 2014 13:52
Last Modified: 20 Oct 2015 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11544

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum