BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA TERISOLIR DI SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN

OCTAVIA ARLINA SHAHARA, NIM. 09220023 (2014) BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA TERISOLIR DI SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA TERISOLIR DI SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA TERISOLIR DI SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan pribadi sosial dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa terisolir di SMP Negeri 5 Banguntapan, materi pengembangan keterampilan sosial dan bentuk kegiatan penunjang pengembangan keterampilan sosial siswa di SMP Negeri 5 Banguntapan. Sumber data dalam penelitian ini adalah 2 guru BK dan 21 siswa terisolir yang memiliki perbedaan klasifikasi berat dan ringan, teridiri dari 5 siswa yang termasuk klasifikasi berat dan 16 siswa yang termasuk dalam klasifikasi ringan. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan dan metode bimbingan pribadi sosial dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa terisolir di SMP Negeri 5 Banguntapan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan deskriptif kualitatif model dari Matwe G. Miles dan Michael Hiberman dengan cara menginterpretasikan data-data yang diperoleh, dengan triangulasi sumber data guna mendapatkan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pelaksanaan bimbingan pribadi sosial dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa terisolir di SMP Negeri 5 Banguntapan dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu 1) Persiapan meliputi menentukan personil, alat assessment dan identifikasi siswa juga kategori siswa terisolir 2) Pelaksanaan meliputi menyusun program dan implementasi program penanganan 3) Evaluasi hasil pelaksanaan dan 4) Tindak lanjut hasil pelaksanaan.Metode yang digunakan dalam bimbingan pribadi sosial untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa terisolir di SMP Negeri 5 Banguntapan melalui metode langsung dan tidak langsung.Terdapat faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan layanan bimbingan pribadi sosial dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa terisolir di SMP Negeri 5 Banguntapan. Faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan sistem yang baik antara guru BK dan personil lainnya, penerapan metode yang tepat dan kompetensi yang dimiliki oleh guru BK. Sedangkan faktor penghambat dari berjalannya proses bimbingan pribadi sosial ini yaitu kurang karjasamanya dari orang tua atau wali siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : A Said Hasan Basri S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Keyword: Bimbingan Pibadi Sosial, Keterampilan Sosial, Siswa Terisolir.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Apr 2014 09:18
Last Modified: 27 Oct 2015 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11569

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum