PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH DI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP

MAESAROH, NIM. 09220066 (2014) PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH DI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH DI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA YANG BERPRESTASI BELAJAR RENDAH DI SEKOLAH DASAR STANDAR NASIONAL AL-IRSYAD 01 CILACAP)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui metode dan proses pelaksanaan pengembangan kecerdasan emosional siswa yang berprestasi belajar rendah di Sekolah Dasar Standar Nasional (SDSN) Al Irsyad 01 Cilacap. Informan/subjek dari penelitian ini adalah guru, orangtua, dan siswa yang berprestasi belajar rendah, yakni DF, IL, dan NS. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah metode dan pelaksanaan pengembangan kecerdasan emosional yang dilakukan oleh SDSN Al-Irsyad 01 Cilacap, terutama upaya pengembangan yang sesuai untuk mengembangkan kecerdasan emosional bagi siswa yang memiliki prestasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Triangulasi sumber digunakan untuk keabsahan data. Hasilnya, metode yang digunakan SDSN Al Irsyad 01 Cilacap dalam rangka mengembangkan kecerdasan emosional siswa yang berprestasi belajar rendah meliputi: metode langsung dan tidak langsung. Metode langsung merupakan metode pengembangan kecerdasan emosional yang dilakukan langsung oleh guru melalui penanaman nilai-nilai emosional pada proses belajar mengajar serta kegiatan pengembangan minat dan bakat yang menanamkan nilai emosional. Sedangkan metode tidak langsung merupakan metode yang dilakukan oleh pihak Butterfly Learning Centre (BLC) dan orangtua dalam rangka mengembangkan kecerdasan emosional siswa yang berprestasi belajar rendah. Metode pengembangan yang dilakukan terhadap siswa DF, IL, dan NS dapat dikatakan berhasil, meskipun tidak sepenuhnya. Artinya, terdapat siswa yang mampu meningkatkan prestasi belajarnya, namun ada pula yang belum menunjukkan peningkatan prestasi belajar secara signifikan. Akan tetapi, ukuran keberhasilan tidak mutlak diukur dari prestasi belajar yang didapatkan siswa, lebih dari itu keberhasilan juga dapat dilihat dari perilaku emosional siswa yang tepat yang ditunjukkan oleh siswa selama pelaksanaan pengembangan. Perilaku emosional yang dimaksud adalah adanya motivasi siswa untuk memperbaiki prestasi belajarnya menjadi lebih baik lagi yang diusahakan secara maksimal, terlepas dari apapun dan berapapun hasilnya nanti. Pelaksanaan pengembangan kecerdasan emosional siswa yang berprestasi belajar rendah melalui tahapan yang meliputi: identifikasi, penanganan, pengukuran hasil serta evaluasi dan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : A Said Hasan Basri, S.Psi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Rendah, Butterfly Learning Centre (BLC).
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Apr 2014 10:44
Last Modified: 19 Oct 2015 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum