KONSEP PSIKOTERAPI MENURUT ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA

FURQON TRI MASHURI, NIM. 09470173 (2013) KONSEP PSIKOTERAPI MENURUT ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PSIKOTERAPI MENURUT ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PSIKOTERAPI MENURUT ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian berlatar belakang dari dampak sains dan teknologi yang berkaitan dengan masalah psikologi seakan menggeser ruang religius dan psikologis manusia, sehingga banyak dari mereka yang terjatuh ke dalam ketegangan mental. Munculnya ketegangan mental secara substansial dikarenakan adanya ketidakseimbangan antara ketajaman IQ, EQ, dan SQ. Psikoterapi Islam menawarkan konsep dan solusi atas permasalahan yang dihadapi untuk kembali kepada fitrah manusia. Kesehatan mental seorang sangat penting untuk diperhatikan sejak masa kanak-kanak. Sebab, akan menjadi bekal dalam proses selanjutnya. Dari hal tersebut keluarga sangat berperan dalam pembentukan karakter seorang anak. Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang ada adalah bagaimana konsep psikoterapi dalam Islam, kemudian implementasi psikoterapi Islam dalam pendidikan Islam (keluarga). Penelitian ini menggunakan jenis peneltian Studi Pustaka (Library Reseach). Studi pustaka ialah penelitian yang teknik pengumpulan datanya dilakukan di lapangan (perpustakaan) dengan didasarkan atas pembacaan-pembacaan terhadap beberapa literature yang memiliki informasi serta memiliki relevansi dengan topik penelitian. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (Content Analisis); metode ini merupakan analisis ilmiah mengenai isi pesan sebuah pemikiran. Dalam konteks ini peneliti berangkat dari beberapa pemikiran tokoh mengenai psikoterapi (secara umum dan khusus [Islam]), data tersebut dianalisa kemudian disajikan dalam sebuah konsep yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, dan mencoba memasukkannya dalam pendidikan Islam (keluarga). Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Psikoterapi Islam menawarkan konsep keseimbangan antara kebutuhan fisik dan jiwa, dengan senantiasa istiqomah sebagai hamba Allah serta upaya pengembangan diri, seperti membersihkan jiwa, meningkatkan derajat, menumbuhkan akhlak yang mulia dan meningkatkan potensi sebagai khalifah di muka bumi. Dengan konsep tersebut, diharapkan mampu menjadi benteng dalam menghadapi kehidupan yang akan datang. 2) Implementasi psikoterapi dalam keluarga mengambil peranan yang besar terhadap perkembangan pendidikan anak, ia berperanan penting dalam menjaga, mengarahkan nilai edukatif dan pengendali lingkungan pendidikan yang akan membentuk generasi yang berjiwa sehat. Dengan konsep ketaatan dalam beragama yang ditawarkan oleh psikoterapi Islam, diharapkan menjadi benteng kokoh untuk mencegah dan melindungi dari ketegangan mental. Kata Kunci : Psikoterapi Islam, Pendidikan Islam, Kesehatan Jiwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Psikoterapi Islam, Pendidikan Islam, Kesehatan Jiwa.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Apr 2014 07:42
Last Modified: 01 Mar 2017 15:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11580

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum