CITRA NEGATIF NABI MUHAMMAD SAW DALAM TRAILER FILM “INNOCENCE OF MUSLIMS” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

MUH. SALAHUDDIN TINNI, NIM 07210004 (2014) CITRA NEGATIF NABI MUHAMMAD SAW DALAM TRAILER FILM “INNOCENCE OF MUSLIMS” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (CITRA NEGATIF NABI MUHAMMAD SAW DALAM TRAILER FILM “INNOCENCE OF MUSLIMS” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (CITRA NEGATIF NABI MUHAMMAD SAW DALAM TRAILER FILM “INNOCENCE OF MUSLIMS” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Film tidak terlepas dari kepentingan-kepentingan di sekitarnya. Film dapat merefleksikan kehidupan masyarakatnya, dan masyarakat dapat diberdayakan melalui film yang mengangkat tema kehidupan masyarakat tersebut. Namun sebaliknya, film dapat memarjinalkan sebuah masyarakat melalui ceritanya. Termasuk film “Innocence of Muslims” yang menggambarkan citra Nabi Muhammad yang memunculkan berbagai dampak di antaranya aksi protes, demonstrasi bahkan sampai merenggut korban jiwa. Penelitian ini berusaha mengungkapkan bagaimana sebenarnya sang kreator dari film “Innocence of Muslims” merepresentasikan Nabi Muhammad secara negatif dalam trailernya yang dipublikasikan di situs jejaring youtube. Jenis penelitian ini adalah analisis isi kritis dengan pendekatan kualitatif menggunakan analisis semiotika model Roland Barthes. Analisis semiotika Roland Barthes mengembangkan dua sistem penandaan bertingkat yang disebut sistem denotasi dan konotasi. Sistem denotasi merupakan sistem penandaan tingkat pertama (first-order signification) yang terdiri dari hubungan antara penanda (signifier) dan petanda (signified) dengan realitas eksternal yang ada di sekitarnya. Sedangkan konotasi merupakan sistem penandaan tingkat kedua (second-order signification) di mana penanda dan petanda pada tingkat denotasi menjadi penanda untuk petanda (mitos) yang ada pada wilayah nilai-nilai, termasuk di dalamnya sejarah dan budaya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam trailer film “Innocence of Muslims” Nabi Muhammad dicitrakan sebagai orang yang memiliki sifat “hidung belang” atau playboy, memiliki orientasi seksual yang berlebihan, gemar mendengungkan peperangan, menyerukan pada pemeluknya untuk memerangi pemeluk agama lain (kaum kafir) secara keji dan membabi-buta, serta melakukan penodaan terhadap agama lain, juga memiliki perangai yang menyimpang. Secara umum, trailer film ini menggambarkan Nabi Muhammad sebagai sosok yang berperangai negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Alimatul Qibtiyah, S.Ag, M.Si, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Citra, Film, Muhammad, Semiotika
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Apr 2014 18:32
Last Modified: 16 Oct 2015 17:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum