EFEKTIVITAS BIMBINGAN KEAGAMAAN DI TK TERPADU BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA

TITIK NASIHAH - NIM. 04220032, (2008) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KEAGAMAAN DI TK TERPADU BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN KEAGAMAAN DI TK TERPADU BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA)
BAB 1, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN KEAGAMAAN DI TK TERPADU BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan juga efektivitas pelaksanaan bimbingan keagamaan di TK Terpadu Budi Mulia DuaYogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan bimbingan keagamaan di TK Terpadu Budi Mulia Dua Yogyakarta yaitui: 1) Materi yang ada dalam bimbingan keagamaan di TK Terpadu Budi Mulia Dua meliputi: aspek aqidah, aspek akhlak dan aspek ibadah 2) Metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan meliputi: metode cerita, pembiasaan atau latihan, bermain, tanya jawab, demonstrasi, fieldtrip, dan menyanyi. Efektivitas pelaksanaan bimbingan keagamaan di TK Terpadu Budi Mulia Dua dapat di lihat dari empat unsur yaitu: aspek tugas atau fungsi yang meliputi dua subyek yakni tugas/fungsi guru pembimbing dan anak bimbing, yang dari kedua subyek tersebut dapat diketahui bahwa tugas/fungsi guru pembimbing dan anak bimbing sudah berjalan dengan efektif, aspek rencana atau program, rencana atau program dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan di TK Terpadu Budi Mulia Dua ini sudah tepat. Materi yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan anak, yaitu tentang materi keimanan, ibadah dan akhlak, aspek ketentuan atau aturan, pelaksanaaan bimbingan keagamaaan di TK Terpadu Budi Mulia Dua sudah terlaksana secara efektif karena kehadiran dan kedisiplinan pembimbing dan anak sudah sesuai ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan, aspek tujuan atau kondisi ideal, Dilihat dari tujuan bimbingan keagamaan di TK Terpadu Budi Mulia Dua yaitu agar timbul kesadaran dan kemauan untuk mampu memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. seperti dalam materi keimanan ini diberikan dengan tujuan membentuk dimensi keyakinan atau ideologi anak, dalam materi ibadah ini diberikan dengan tujuan membentuk keagamaan anak dalam dimensi ritual (peribadatan), materi akhlak ini diberikan dengan tujuan membentuk perilaku keagamaan anak dalam aspek pengamalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nailul Falah, S.Ag.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Bimbingan Keagamaan
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 28 May 2012 22:46
Last Modified: 29 Dec 2016 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum