KONSTRUKSI MEDIA CETAK TERHADAP TERORISME (ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP PEMBERITAAN AKSI RADIKAL DI SOLO DALAM HARIAN KOMPAS EDISI SEPTEMBER 2012)

VIVI SUCI WULANDARI , NIM. 10210095 (2014) KONSTRUKSI MEDIA CETAK TERHADAP TERORISME (ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP PEMBERITAAN AKSI RADIKAL DI SOLO DALAM HARIAN KOMPAS EDISI SEPTEMBER 2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI MEDIA CETAK TERHADAP TERORISME (ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP PEMBERITAAN AKSI RADIKAL DI SOLO DALAM HARIAN KOMPAS EDISI SEPTEMBER 2012))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI MEDIA CETAK TERHADAP TERORISME (ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP PEMBERITAAN AKSI RADIKAL DI SOLO DALAM HARIAN KOMPAS EDISI SEPTEMBER 2012))
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)

Abstract

Pada bulan September 2012, pemberitaan tentang peristiwa terorisme di Indonesia gencar dan ramai diperbincangkan di media cetak, salah satunya surat kabar harian Kompas. Berawal dari dua peristiwa yang beruntun di Kota Solo yaitu peristiwa penembakan di Pos Pengamanan Lebaran di Gemblengan tanggal 17 Agustus 2012 dan pelemparan granat di Pos Pengamanan Lebaran di Gladak tanggal 18 Agustus 2012. Media masa baik cetak maupun elektronik mulai ramai memberitakan isu terorisme. Penelitian ini akan menguraikan wacana yang bersembunyi dalam pemberitaan aksi Islam radikal di Indonesia yang digembargemborkan oleh media massa, khususnya wacana-wacana pemberitaan Harian Kompas. Pertanyaannya sederhana, konstruk pemahaman seperti apa yang ada di tengah-tengah masyarakat ketika pemberitaan media massa nasional menerbitkan wacana terorisme kelompok Islam radikal Indonesia. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan wacana radikalisme yang dibangun oleh surat kabar Harian Kompas edisi September 2012 terkait kasus teror bom yang terjadi di kota Solo. Serta bagaimana Surat Kabar Harian Kompas Mengkonstruksi Pemberitaan tentang Wacana Radikalisme dalam Pemberitaan di Solo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan elemen-elemen bangunan wacana radikalisme yang diberitakan Harian Kompas dalam pemberitaan teroris di Solo. Penelitian ini memakai pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis wacana kritis. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah semua pemberitaan tentang wacana radikalisme di Solo pada surat kabar Harian Kompas edisi bulan September 2012. Subjek penelitian di sini adalah surat kabar Harian Kompas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi yang dibangun oleh Harian Kompas dalam pemberitaan aksi radikal di Solo, digambarkan secara jelas. Pemberitaan mengenai wacana radikalisme lebih pada penggambaran secara detail yaitu, apa saja tindakan aksi tersebut. Sehingga masyarakat mampu melihat dan mengetahui tindakan-tindakan apa yang termasuk dalam radikalisme. Pemberitaan yang ditampilkan merupakan bentuk konstruksi realitas dan pembentukan konstruksi citra. Konstruksi realitas dalam proses pemberantasan terorisme serta konstruksi citra terhadap aparat kepolisian dan pemerintah dihadapan masyarakat. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya kritik oleh Kompas terhadap tindakan polisi dalam upaya penangkapan terduga teroris. Penggambaran terorisme dalam pemberitaan Kompas di Indonesia di sini lebih pada kelompok-kelompok Islam tertentu bukan dari keseluruhan agama Islam. Adapun penyebutan salah satu pondok pesantren yang menjadi latar belakang pendidikan dari tersangka teroris, hal tersebut hanya ingin menggambarkan keterkaitannya kelompok baru yang ditangkap ada hubungan dengan jaringan teroris yang sudah tertangkap sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Faisal Ismail, MA.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Apr 2014 14:18
Last Modified: 19 Oct 2015 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum