UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMA N 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA

VIRA WAHYUNINGRUM, NIM. 09220082 (2014) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMA N 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMA N 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
bab i, iv, daftar pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMA N 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA )
bab ii, iii .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)

Abstract

Judul yang peneliti angkat di sini yaitu “Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan usaha guru Bimbingan dan Konseling dalam mendorong kegiatan belajar bagi siswa berkebutuhan khusus di SMA N 1 Sewon. Sedangkan manfaat penelitian ini secara teoritis yaitu untuk menambah khasanah keilmuan, mengembangkan ilmu Bimbingan Konseling Islam, terutama terkait dengan motivasi belajar khususnya untuk siswa berkebutuhan khusus. Adapun manfaat secara praktisnya penelitian ini bermanfaat untuk membantu memberikan wawasan keilmuan bagi kemajuan guru Bimbingan dan Konseling di SMA N 1 Sewon, dalam melakukan usaha dorongan belajar terhadap siswa berkebutuhan khusus serta memberikan wawasan keilmuan pada dunia pengetahuan khususnya di bidang motivasi belajar dan memberikan informasi kepada para pembaca. Subjek dalam penelitian ini adalah dua guru Bimbingan dan Konseling dan empat siswa berkebutuhan khusus di SMA N 1 Sewon. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Adapun langkahnya adalah peneliti mengumpulkan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, kemudian data itu dianalisa dan dijelaskan sesuai dengan fakta yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah mengenai bimbingan yang diberikan kepada siswa berkebutuhan khusus yang memakai sistem pendidikan inklusif merupakan bantuan yang diperlukan bagi siswa berkebutuhan khusus untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar yang memilki keterbatasan dalam indera penglihatan dan pendengarannya. Sedangkan upaya yang guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dengan membantu siswa dalam menyesuiakan diri dengan lingkungan sekolah, mengajarkan siswa untuk saling menghargai martabat, mengajarkan siswa untuk bersifat empatik, membantu siswa untuk mengembangkan pribadi dan sosial dan memberikan perhatian terhadap pribadi anak. Sedangkan hasil dari upaya peningkatan motivasi belajar bagi siswa berkebutuhan khusus yaitu siswa mampu menerima kondisinya tersebut tanpa memandang kekurangannya dan mensyukuri semua yang telah diberikan Allah SWT, dengan bimbingan tersebut siswa berkebutuhan khusus sangat terbantu dan terdorong untuk selalu tetap belajar meski memiliki kekurangan dalam segi fisik sehingga dengan adanya bimbingan itu dapat membantu meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abror Sodik, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Upaya Motivasi Belajar, Siswa Berkebutuhan Khusus Pembimbing :
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Apr 2014 14:55
Last Modified: 10 Nov 2015 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11646

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum