PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN MAHAROH QIRO’AH DI MTs N NGAWEN GUNUNGKIDUL

M. NIZALUL FALIH, NIM. 09420141 (2013) PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN MAHAROH QIRO’AH DI MTs N NGAWEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN MAHAROH QIRO’AH DI MTs N NGAWEN GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN MAHAROH QIRO’AH DI MTs N NGAWEN GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan di abad ini menuntut adanya manajemen pendidikan yang modern dan professional dengan bernuansa pendidikan. Lembaga lembaga pendidikan diharapkan mampu mewujudkan peranannya secara efektif, untuk meningkatkan mutu pendidikan. Secara formal aspek guru mempunyai peranan penting dalam mewujudkannya. Guru merupakan kunci keberhasilan pendidikan, sebab inti dari kegiatan pendidikan adalah belajar mengajar, yang memerlukan peran guru di dalamnya. Sehingga guru yang professional sangat penting ketika menuntut kemajuan suatu pendidikan. Berpijak dari pemaparan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme guru bahasa Arab yang lebih di khususnya pada kompetensi pedagogiknya serta upaya upaya guru untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Arab pada peserta didiknya.Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan guru bahasa Arab kelas VII . Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab kelas VII dari tahap awal sampai tahap akhir membuktikan bahwa guru bahasa arab kelas VII telah mampu menjadi seorang guru yang profesional. (2)Kompetensi Pedagogik meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang di miliki. Guru bahasa Arab kelas VII telah mempunyai kompetensi yang baik terkait pembelajaran di dalam kelas VII hanya saja dalam pembelajaran, strategi yang digunakan kurang variatif sehingga membuat peserta didik bosan. (3) peningkatan Maharoh Qiro’ah, upaya upaya yang di lakukan oleh guru bahasa Arab kelas VII adalah : (a) mengenalkan kepada peserta didik akan huruf hijaiyah (b) dikenalkan huruf bersambung dalam bahasa Arab sekaligus di perintahkan untuk membacanya (c) memberi tugas kepada peserta didik untuk menghafalkan 5 kosa kata bahasa Arab di setiap pertemuan pembelajaran bahasa Arab (d) di beri tugas untuk menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya (e) di beri penilaian dalam setiap tugas, baik itu penghafalan kosa kata maupun menerjemahkan. Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Bahasa Arab, Maharoh Qiro’ah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Nurhadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Bahasa Arab, Maharoh Qiro’ah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2014 07:52
Last Modified: 28 Apr 2017 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum