PERAN PRAMUKA DALAM MENANAMKAN NILAI -NILAI CINTA TANAH AIR DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus di MI Al-Iman Sorogenen, Sewon, Bantul)

MOH FARID SETIAWAN, NIM. 09480066 (2013) PERAN PRAMUKA DALAM MENANAMKAN NILAI -NILAI CINTA TANAH AIR DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus di MI Al-Iman Sorogenen, Sewon, Bantul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN PRAMUKA DALAM MENANAMKAN NILAI -NILAI CINTA TANAH AIR DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus di MI Al-Iman Sorogenen, Sewon, Bantul))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN PRAMUKA DALAM MENANAMKAN NILAI -NILAI CINTA TANAH AIR DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus di MI Al-Iman Sorogenen, Sewon, Bantul))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang berawal dari keprihatinan penulis terhadap generasi penerus bangsa yang kurang mempunyai rasa nasionalisme dalam mencintai tanah airnya. Oleh karena penulis mengambil tema penelitian ini peran pramuka dalam menanamkan nilai cinta tanah air. Adapun lokasi yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah MI Al-Iman Sorogenen Sewon Bantul dengan fokus penelitian peran pramuka dalam menanamkan nilai cinta tanah air.. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1)Untuk mengetahui pelaksanaan progam kegiatan pramuka yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Al-Iman Sorogenen, Sewon, Bantul; (2)Untuk mengetahui peran pramuka dalam menanamkan nilai-nilai cinta tanah air di Madrasah Ibtidaiyah Al-Iman Sorogenen, Sewon, Bantul:(3)Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan pramuka dalam menanamkan nilai-nilai cinta tanah air di Madrasah Ibtidaiyah Al-Iman Sorogenen, Sewon, Bantul. Hasil penelitian peran pramuka dalam menanamkan nilai cinta tanah air di MI Al-Iman diantaranya: (1) Pelaksanaan pramuka di MI Al Iman Sorogenen adalah sebagai ekstra kurikuler yang wajib diikuti oleh setiap siswa mulai kelas III sampai kelas VI, yang dilakukan setiap hari Jumat dan puncak dari kegiatan pramuka ini adalah kegiatan persami: (2) Peran pramuka dalam menanamkan nilai-nilai cinta tanah air di Madrasah Ibtidaiyah Al-Iman Sorogenen, Sewon, Bantul dintaranya dalam kegiatan pramuka memuat materi: (a)Nilai Nasionalisme (b)Nilai Disiplin (c)Nilai Persaudaraan (d)Nilai Bhineka Tunggal Ika (e)Nilai Butir-butir pancasila (f)Nilai Akan Cinta Budaya (g)Nilai Perjuangan (h)Nilai Lagu Kebangsaan (i)Nilai Rela Berkorban Dengan adanya kesembilan nilai yang diajarkan dalam kegiatan pramuka di MI Al-Iman, penulis nilai peran pramuka dalam menanamkan cinta tanah air mempunyai peran yang sangat penting (3)Faktor pendukung dan penghambat peran pramuka di MI Al-Iman Sorogenen dalam menanamkan nilai cinta tanah air mencangkup: a. Faktor pendukung: (1) Adanya dukungan dan kerja sama dari pihak sekolah (2)Adanya pembina yang berkompeten dan program yang menarik (3)Materi-materi cinta tanah air selain ditanamkan lewat kegiatan pramuka juga telah ditanamkan melalui lingkungan sekolah dan pelajaran di kelas b. Faktor penghambat : (1)Latar belakang siswa-siswi yang berbeda antara satu dengan yang lain. (2)Waktu atau jam yang sedikit Kata Kunci : pramuka, nilai-nilai cinta tanah air

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Zainal Abidin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pramuka, nilai-nilai cinta tanah air
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2014 10:59
Last Modified: 27 Jan 2017 16:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11688

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum