HADIS-HADIS TAWASSUL (STUDI TERHADAP PEMIKIRAN SAYYID MUHAMMAD IBN ALWI AL-MALIKI DALAM KITAB MAFAHIM YAJIB ‘AN TUSAHHAH)

HASYIM ASY’ARI , NIM. 09532015 (2014) HADIS-HADIS TAWASSUL (STUDI TERHADAP PEMIKIRAN SAYYID MUHAMMAD IBN ALWI AL-MALIKI DALAM KITAB MAFAHIM YAJIB ‘AN TUSAHHAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( HADIS-HADIS TAWASSUL (STUDI TERHADAP PEMIKIRAN SAYYID MUHAMMAD IBN ALWI AL-MALIKI DALAM KITAB MAFAHIM YAJIB ‘AN TUSAHHAH) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( HADIS-HADIS TAWASSUL (STUDI TERHADAP PEMIKIRAN SAYYID MUHAMMAD IBN ALWI AL-MALIKI DALAM KITAB MAFAHIM YAJIB ‘AN TUSAHHAH) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hadis-hadis tentang tawassul, oleh kelompok baru (Wahhabiyyah) dinyatakan sebagai bentuk bid’ah, musyrik dan sampai mengkafirkan pelakunya. Mereka beralasan pelaku tawassul sebagai orang yang mengotori nilai ketauhidan dan keluar dari ajaran Islam. Pelaku tawassul sama dengan penyembah berhala pada masa kafir Quraisy. Wahhabiyyah yang besar dan tumbuh di Saudi Arabiah tidak serta merta membuat seluruh penduduknya memiliki paham yang sama. Adalah Sayyid Muhammad Ibn ‘Alwi al-Maliki, seorang ulama’ ahli hadis yang mencoba memberikan solusi terhadap permasalahan tawassul yang dituangkan dalam kitab Mafahim Yajibu an Tusahhah. Sebagai seorang yang hidup dan tinggal di lingkungan Wahhabi, ia mencoba menganalisa serta mencari titik perdebatan terhadap pihak yang menerima dan menolak tawassul sebagai salah satu cara taqarrub ilallah. Sehingga perlu dilihat lebih lanjut bagaimana konsep tawassul Sayyid Muhammad Ibn ‘Alwi al-Maliki dalam kitab Mafahim Yajibu an Tusahhah yang dipahami serta tawaran konsepnya dan juga pemahaman hadis-hadis tawassul Sayyid Muhammad Ibn ‘Alwi al-Maliki dalam kitab Mafahim Yajibu an Tusahhah. Counter attack yang dilakukan oleh Sayyid Muahammad untuk meluruskan faham-faham melenceng perlu ditelaah lebih jauh lagi. Kajian ini menggunakan metode analisis taksonomi sebagai alat untuk mengulas bagaimana konsep serta pemahaman hadis-hadis tawassul yang ditawarkan oleh Sayyid Muhammad ‘Alwi al-Maliki. Analisa taksonomi adalah sebuah analisa yang ditujukan dengan domain yang jelas, yakni pada hadis-hadis tentang tawassul. Melalui pendekatan deskriptif-analitis, hasil ulasan ini akan disajikan dengan penjelasan yang ringkas. Pemaparan hasil analisa ini juga disusun secara sistematis. Dari kajian ini, terungkap empat konsep Sayyid Muhammad dalam meluruskan pemahaman tawassul yang salah dari kalangan Wahhabiyyah. Pertama, tawassul adalah salah satu metode berdo’a dan salah satu sarana menghadap kepada Allah SWT. Sedangkan obyek adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kedua, orang yang ber-tawassul harus mencintai mediator tersebut dan meyakini bahwa Allah SWT mencintainya. Ketiga, orang yang ber-tawassul tidak boleh meyakini bahwa objek tawassul dapat memberi manfaat atau menolak bahaya dengan sendirinya. Keempat, tawassul bukanlah sesuatu yang diharuskan atau ketetapan dalam agama. Sedangkan hadis yang digunakan merupakan hadis yang dikuti ulama-ulama Wahhabiyyah, hal ini dilakukan Sayyid Muhammad Ibn ‘Alwi al-Maliki sebagai peringatan bahwa wahhabiyyah sebenarnya melenceng dari ulama mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Suryadi, M.Ag
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Apr 2014 09:54
Last Modified: 07 May 2015 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11727

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum