PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 11-12 TAHUN DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA YOGYAKARTA

MUSFIRAH, NIM. 09470148 (2013) PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 11-12 TAHUN DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 11-12 TAHUN DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 11-12 TAHUN DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Homeschooling adalah pendidikan berbasis rumah yang memungkinkan anak berkembang sesuai dengan potensi diri anak masing-masing. Pembelajaran di homeschooling tidak selamanya hanya dilaksanakan di rumah, metode pembelajaran homechooling sendiri ada dua yaitu homeschooling tunggal dengan model pembelajaran privat yakni dengan satu murid dan satu guru dan homeschooling komunitas dengan pembelajaran yang dilaksanakan bersama anak-anak seusianya dalam kelompok kecil saja. Dengan metode pembelajaran seperti ini kesempatan anak untuk berinteraksi dengan teman sebaya akan lebih sedikit dibanding dengan anak yang menempuh pembelajaran di sekolah formal. Anak hanya akan bertemu dengan orang-orang itu saja dan hal ini akan membentuk ruang individu bagi anak yang nantinya akan berakibat pada perkembangan sosialnya. Dari latar belakang masalah yang telah diuraikan maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial anak homeschooling serta pelaksanaan pembelajarannya, homeschooling sebagai pendidikan non formal juga harus dapat menjamin ketercapaian hasil belajar serta legalitasnya yang tentunya juga proses pembelajaran di homeschoooling tidak boleh jauh berbeda dengan pendidikan formal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yakni kualitatif, tentang pelaksanaan pembelajaran dan perkembangan sosial anak. Pengambilan data dari metode ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini diantaranya adalah, koordinator marketing, guru atau pendamping, orang tua dan siswa usia 11-12 tahun di Homeschooling Primagama Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebagaimana pembelajaran di sekolah formal, dalam pembelajaran di homeschooling juga terdapat kurikulum, tujuan, pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana, metode pembelajaran dan strategi pembelajaran yang kesemuanya saling berkaitan satu sama lain demi mencapai satu tujuan yakni menjadikan peserta didik manusia pembelajar. 2) Perkembangan sosial yang dimiliki setiap anak homeschooling tidak sama. Ada anak yang memang sulit bersosialisasi baik dengan teman sebayanya maupun dengan guru, karena memang setiap pembelajaran mereka hanya belajar dengan kelompok kecil itupun tidak dilaksanakan setiap hari dalam seminggu. Tetapi ada pula siswa yang aktif meskipun setiap pembelajaran mereka bertemu dengan orang yang sama tetapi mereka dapat mencari teman sendiri di luar kelas misalnya kakak atau adik kelasnya yang sedang belajar di homeschooling dalam waktu yang bersamaan. Kata Kunci: Perkembangan Sosial dan Pelaksanaan Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial dan Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Apr 2014 07:34
Last Modified: 11 Apr 2014 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11733

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum