METODE SOROGAN SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN NONGRADASI BAHASA ARAB SANTRI ASRAMA SAKAN THULLAB PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

NASIH BURHANI, NIM. 07420071 (2013) METODE SOROGAN SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN NONGRADASI BAHASA ARAB SANTRI ASRAMA SAKAN THULLAB PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE SOROGAN SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN NONGRADASI BAHASA ARAB SANTRI ASRAMA SAKAN THULLAB PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE SOROGAN SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN NONGRADASI BAHASA ARAB SANTRI ASRAMA SAKAN THULLAB PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan penerapan metode sorogan di Asrama Sakan Thullab Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan metode sorogan sebagai model pembelajaran nongradasi dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan metode sorogan di Asrama Sakan Thullab Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan menerapkan pola fikir induktif yaitu proses berfikir dengan mengorganisasikan hasil pengamatan yang terpsah-pisah menjadi suatu rangkaian yang berhubungan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan inventori, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber datanya adalah pengasuh, Ustadz dan santri Asrama Sakan Thullab Pondok Pesantren Ali Maksum Yogyakarta. Kesimpulannya adalah: 1) Pelaksanaan program sorogan telah berjalan dengan baik dan sistematis dengan jelasnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, tenaga pengajar, teknis pelaksanaan dan evaluasinya. 2) Metode sorogan efektif sebagai model pembelajaran nongradasi sebagai upaya mengakomodasi kebutuhan masing-masing santri. 3) Faktor yang mendukung metode ini yaitu : (a) Peserta didik tinggal di dalam satu asrama, (b) Adanya pengajaran elemen-elemen bahasa secara terpisah-pisah dan (c) Fasilitas yang memadai. Faktor yang menghambat yaitu: (a) Terbatasnya jumlah dan kualitas guru, (b) Kurangnya persiapan santri dan (c) Adanya ketergantungan santri terhadap buku terjemahan. Kata Kunci : Sorogan, Perbedaan Individu, Model Pembelajaran Nongradasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdul Munip,S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sorogan, Perbedaan Individu, Model Pembelajaran Nongradasi.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Apr 2014 07:34
Last Modified: 02 May 2017 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11737

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum