KARAKTERISASI BRIKET BIOARANG LIMBAH KULIT PISANG ULI (Musa paradisiaca L.) DENGAN PEREKAT TEPUNG TAPIOKA

IKA ERFANTI , NIM. 07630049 (2014) KARAKTERISASI BRIKET BIOARANG LIMBAH KULIT PISANG ULI (Musa paradisiaca L.) DENGAN PEREKAT TEPUNG TAPIOKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( KARAKTERISASI BRIKET BIOARANG LIMBAH KULIT PISANG ULI (Musa paradisiaca L.) DENGAN PEREKAT TEPUNG TAPIOKA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( KARAKTERISASI BRIKET BIOARANG LIMBAH KULIT PISANG ULI (Musa paradisiaca L.) DENGAN PEREKAT TEPUNG TAPIOKA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan proses pembuatan briket bioarang limbah kulit pisang uli (Musa paradisiaca L) dengan variasi perekat tepung tapioka. Penelitian ini mempelajari pengaruh penambahan perekat tepung tapioka dan ukuran partikel arang briket terhadap nilai kalor, kadar abu, kadar air, zat mudah menguap, kadar karbon terikat, spekrofotometer inframerah dan aplikasi briket kulit pisang uli terhadap lama pembakaran dan suhu bara maksimal, yang bertujuan untuk memanfaatkan limbah kulit pisang uli dengan di bentuk menjadi briket. Proses pembuatan arang untuk briket dilakukan dengan rangkaian alat pirolisis dengan temperatur 450 0C, tegangan 95 Volt dan kuat arus 13,5A. Arang yang dihasilkan dicetak menjadi briket pada tekanan 60 N/m2 menggunakan perekat tepung tapioka dengan variasi 2,5%; 5%; 7,5%;dan 10% dengan masing-masing ukuran partikel arang yang digunakan yaitu 35 mesh dan 50 mesh. Karakterisasi briket bioarang kulit pisang uli yang terbaik diperoleh dari konsentrasi perekat 2,5 % dan ukuran partikel arang 50 mesh dengan nilai kalor yang diperoleh sebesar 5202,49 Kal/g, kadar abu sebesar 31,19, kadar zat mudah menguap sebesar 13,53 %, kadar karbon terikat sebesar 51,04 %, dan kadar air sebesar 3,95 %. Hasil percobaan aplikasi briket yang diperoleh yaitu lama membara selama 65 menit dengan suhu bara maksimal 832 ºC. Waktu yang dibutuhkan untuk mendidihkan air sebanyak 1000 ml dengan menggunakan briket yaitu selama ± 9 menit, sedangkan menggunakan kompor minyak 12 sumbu selama ± 8 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Pedy Artsanti, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Briket, arang, pirolisis, perekat tapioka, kulit pisang
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Apr 2014 13:54
Last Modified: 17 Feb 2016 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11760

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum