SUAP DAN PENCEGAHANNYA DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN TEMATIK ATAS KITAB AL-QUR’AN DAN TAFSIRNYA KARYA TIM KEMENTERIAN AGAMA RI)

JURNALIS SALAM, NIM. 09530040 (2014) SUAP DAN PENCEGAHANNYA DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN TEMATIK ATAS KITAB AL-QUR’AN DAN TAFSIRNYA KARYA TIM KEMENTERIAN AGAMA RI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SUAP DAN PENCEGAHANNYA DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN TEMATIK ATAS KITAB AL-QUR’AN DAN TAFSIRNYA KARYA TIM KEMENTERIAN AGAMA RI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SUAP DAN PENCEGAHANNYA DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN TEMATIK ATAS KITAB AL-QUR’AN DAN TAFSIRNYA KARYA TIM KEMENTERIAN AGAMA RI))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kejahatan yang banyak terjadi dan merajalela dalam kehidupan sosial masyarakat bangsa Indonesia saat ini adalah suap-menyuap. Suap bagaikan penyakit menular yang sangat ganas, yang sudah menjalar dan menular ke berbagai sendi kehidupan masyarakat. Praktik kejahatan ini tentu tak boleh dibiarkan terus berkembang seperti sekarang ini dan salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan cara menggali kembali dan menerapkan nilai-nilai kehidupan dari al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari yang dapat mencegah seseorang untuk melakukan suap-menyuap. Salah satu kitab tafsir berbahasa Indonesia yang diharapkan dapat menjadi rujukan masyarakat Indonesia adalah kitab Al-Qur’an dan Tafsirnya karya Tim Kementerian Agama RI. Kitab ini merupakan hasil karya yang dipelopori oleh pemerintah sebagai upaya untuk mendorong peningkatan akhlak mulia sebagai sebuah bangsa yang besar dan bermartabat. Penelitian ini berusaha memahami masalah suap dan pencegahannya dengan menggunakan metode kepustakaan (library research) yang didasarkan pada kitab Al-Qur’an dan Tafsirnya karya Tim Kementerian Agama RI sebagai sumber data primer. Selain itu terdapat buku, artikel, eksiklopedi dan lain-lain sebagai sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi. Adapun untuk mengolah data digunakan metode deskriptifanalitik yaitu dengan memberi gambaran yang komprehensif mengenai penafsiran terhadap ayat-ayat yang berkaitan dengan suap dan pencegahannya dalam kitab Al-Qur’an dan Tafsirnya. Dari penelitian ini, dapat dipahami bahwa suap merupakan perbuatan yang dilarang oleh agama. Suap dikategorikan sebagai perbuatan yang memutarbalikkan kejahatan menjadi kebenaran, mengubah sesuatu yang ḥaq menjadi bātil. Dalam mencegah perbuatan suap ini, ada banyak nilai kebaikan yang dapat diambil dari al-Qur’an, antara lain adalah ketakwaan kepada Allah, menjaga amanat, berlaku adil, sikap terhadap dunia dan harta, dan tidak serakah dan berlebih-lebihan. Kesemua nilai-nilai kebaikan tersebut apabila diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari akan menjadi benteng bagi setiap manusia yang dapat mencegahnya berbuat suap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahfud Masduki, M.A.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Apr 2014 13:58
Last Modified: 11 May 2015 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11761

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum