PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) DENGAN PENDEKATAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X

SITI MARKHUMAH , NIM. 09680028 (2014) PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) DENGAN PENDEKATAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) DENGAN PENDEKATAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) DENGAN PENDEKATAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP MOTIVASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model siklus belajar (learning cycle) dengan pendekatan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMA N I Pejagoan. Sampel diambil secara acak, kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan X IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretest dan posttest untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample ttest dan uji mann whitney, uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan katerampilan proses sains siswa pada kelas yang menggunakan model siklus belajar (learning cycle) dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji-t yang diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan selisih rata-rata sebesar -10,5765. Namun pada motivasi belajar tidak ada perbedaan antara kelas kontrol maupun eksperimen. Berdasarkan hasil uji-U diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,674 > 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap keterampilan proses sains, tetapi tidak berpengaruh pada motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Yuni Wibowo, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Siklus Belajar (Learning Cycle), Lingkungan, Sumber Belajar, Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Jamur.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Apr 2014 12:54
Last Modified: 07 Mar 2016 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11809

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum