ADSORPSI ION LOGAM Pb2+ PADA LIMBAH ACCU ZUUR PT MUHTOMAS MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM TERAKTIVASI ASAM SULFAT

SIWI HANJANATTRI, NIM. 09630014 (2014) ADSORPSI ION LOGAM Pb2+ PADA LIMBAH ACCU ZUUR PT MUHTOMAS MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM TERAKTIVASI ASAM SULFAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ADSORPSI ION LOGAM Pb2+ PADA LIMBAH ACCU ZUUR PT MUHTOMAS MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM TERAKTIVASI ASAM SULFAT)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( ADSORPSI ION LOGAM Pb2+ PADA LIMBAH ACCU ZUUR PT MUHTOMAS MENGGUNAKAN ZEOLIT ALAM TERAKTIVASI ASAM SULFAT )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan karakterisasi dan aplikasi zeolit alam dan zeolit teraktivasi asam sebagai adsorben dalam proses adsorpsi limbah logam berat Pb2+ pada accu zuur dari PT Muhtomas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter dan kapasitas adsorpsi dari zeolit alam dan zeolit teraktivasi asam sebagai adsorben ion logam Pb2+ dalam accu zuur. Zeolit alam diaktivasi menggunakan asam sulfat 0,5 M. Padatan zeolit alam dan zeolit teraktivasi asam dikarakterisasi menggunakan difraksi sinar-X, Fourier Transformation Infrared (FTIR) dan Surface Area Analyzer (SAA). Aplikasi zeolit alam dan zeolit teraktivasi asam selanjutnya digunakan untuk mengadsorp ion logam Pb2+. Pengaruh bobot adsorben dipelajari dalam isoterm adsorpsi, pengaruh waktu pengadukan dipelajari dalam kinetika reaksi dan pengaruh suhu dipelajari dalam termodinamika. Hasil penelitian menunjukkan bobot adsorben optimum untuk mengadsorp ion logam Pb2+ yaitu 1,25 gram dan model isoterm yang sesuai untuk adsorpsi ion logam Pb2+ pada accu zuur yaitu model isoterm Freundlich. Waktu untuk mencapai kesetimbangan adsorpsi tercapai pada menit ke-90 dan model kinetika reaksi yang sesuai adalah pseudo orde dua. Suhu optimum untuk proses adsorpsi terjadi pada 60oC dengan harga energi entalpi menunjukkan bahwa adsorpsi cenderung bersifat fisik dengan harga entalpi reaksi antara -4 sampai dengan -40 kJ mol-1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khamidinal, M.Si dan Didik Krisdiyanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : zeolit, accu zuur, adsorpsi, isoterm Freundlich, pseudo orde dua dan energi entalpi.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Apr 2014 12:57
Last Modified: 17 Mar 2016 16:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11810

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum