PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A MTsN KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014

NUR ROHMAN SALIS , NIM. 10421007 (2014) PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A MTsN KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A MTsN KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A MTsN KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca teks Arab (dalam hal pemahaman isi teks) siswa kelas VIII A MTsN Karangmojo Gunungkidul dengan menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa kelas VIII A MTsN Karangmojo Gunungkidul yang terdiri dari 25 siswa. Sumber data yang digunakan adalah : (1) Informan, yakni guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa kelas VIII A (2) Peristiwa, yaitu proses belajar mengajar membaca teks Arab dengan menggunakan metode SQ3R serta sikap guru dan siswa dalam aktivitas pembelajaran tersebut (3) Data atau dokumen, berupa teks bacaan, foto kegiatan belajar mengajar, hasil tes siswa, dan daftar nilai siswa. Teknik pengumpulan data meliputi : (1) Observasi/pengamatan, (2) Wawancara, (3) Penilaian tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: (1) Proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode SQ3R berjalan dengan baik dan lancar, langkah-langkah pembelajaran meliputi : a. Persiapan, b. Kegiatan inti, yang meliputi Survey (siswa membaca teks sekilas), Question (mencari dan menemukan arti kata/mufrodat yang sulit), Read (membaca teks dan menterjemahkan kata demi kata), Recite (menterjemahkan teks secara keseluruhan), Review (menemukan dan menuliskan kalimat yang menjadi pokok bahasan tiap paragraf kemudian menyusunnya menjadi rangkuman). c. Penutup. (2) Terdapat peningkatan keterampilan membaca teks Arab siswa kelas VIII A MTsN Karangmojo Gunungkidul melalui penerapan metode SQ3R sebagai metode pembelajaran membaca, yang ditandai dengan peningkatan nilai rata–rata hasil evaluasi tes kelas, yakni pada tahap pratindakan sebesar 41,60 pada siklus I menjadi 56,80 dan pada siklus II menjadi 68,00 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penerapan metode SQ3R, Pembelajaran, Keterampilan Membaca
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Apr 2014 13:34
Last Modified: 21 Jul 2017 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11818

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum