MAFHUM AL JUHD WA MUSHTAQATUHU FI AL BAYAN WA AL TA'RIF LI IBN HAMZAH (DIRASAH TAHLILIYYAH DALALIYYAH SIYAQIYYAH)

MUHAMMAD ITSBATUN NAJIH, NIM. 08110046 (2014) MAFHUM AL JUHD WA MUSHTAQATUHU FI AL BAYAN WA AL TA'RIF LI IBN HAMZAH (DIRASAH TAHLILIYYAH DALALIYYAH SIYAQIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MAFHUM AL JUHD WA MUSHTAQATUHU FI AL BAYAN WA AL TA'RIF LI IBN HAMZAH (DIRASAH TAHLILIYYAH DALALIYYAH SIYAQIYYAH))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MAFHUM AL JUHD WA MUSHTAQATUHU FI AL BAYAN WA AL TA'RIF LI IBN HAMZAH (DIRASAH TAHLILIYYAH DALALIYYAH SIYAQIYYAH))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ada 18 hadis yang memuat kata “al-juhd” atau derivasinya dalam kitab “al-Bayan wa al-Ta’rif” yang tersusun atas tiga jilid tersebut. Untuk mengurai secara komprehensif bagaimana mendudukkan makna juhd, maka penulis menggunakan kajian teori semantik kontekstual-situasional untuk membedahnya. Dengan menggunakan pisau analisa tersebut, kiranya dapat disimpulkan bahwa jihad memang perlu dikembalikan pada makna asalnya, yakni: bersungguh-sungguh, berikhtiar maksimal. Walhasil, sebenarnya dalam 24 jam aktivitas manusia bila secara sepenuh jiwa dan raga mengabdi kepada Allah SWT, maka tersebutlah dia sudah berjuhd. Cakrawala juhd lantas meluas menjadi ragam laku semisal hakim yang bersungguh-sungguh dalam memutuskan mana yang benar-salah atas suatu perkara. Ulama yang bermaksimal dalam mengeluarkan fatwa untuk kemaslahatan masyarakat. Berhaji dengan penuh kekhidmatan sesuai dengan tata cara agama. Berbakti kepada kedua orang tua. Pengertian derivasi kata juhd seperti jihad juga semisal bersikap lantang, kritis, dan menyuarakan apa yang sebenarnya di hadapan pemerintah yang lalim. Dalam kondisi tertentu pengertian jihad juga merujuk untuk mengangkat senjata alias berperang guna menegakkan agama dan mempertahankan kemerdekaan Tanah Air seperti pada peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. H. Moh. Habib, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Juhd, mushtaqat
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Apr 2014 07:58
Last Modified: 27 Jul 2015 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11873

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum