PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA RANAH AFEKTIF KELAS XI DI SMA N 1 KARANGNONGKO KLATEN

NUR HASIM, NIM. 06410146 (2013) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA RANAH AFEKTIF KELAS XI DI SMA N 1 KARANGNONGKO KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NUR HASIM – NIM. 06410146 PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA RANAH AFEKTIF KELAS XI DI SMA N 1 KARANGNONGKO KLATEN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA RANAH AFEKTIF KELAS XI DI SMA N 1 KARANGNONGKO KLATEN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

NUR HASIM. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Ranah Afektif Kelas XI di SMA Negeri 1 Karangnongko. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013.Latar belakang penelitian ini adalah bahwa indikator keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Akan tetapi kenyataannya bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam baru menyentuh pada ranah kognitif yaitu sebatas pada penguasaan materi saja selain itu pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih kurang diminati oleh siswa. Pembelajaran monoton atau kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dan dianggap menjenuhkan serta tidak menyenangkan bagi siswa, merupakan salah satu penyebab siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Ranah Afektif Kelas XI di SMA Negeri 1 Karangnongko belum sepenuhnya mengarah pada pembelajaran aktif serta menyenangkan bagi siswa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apa sebab-sebab pembelajaran ranah afektif pada Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Karangnongko belum tercapai secara optimal, upaya apa yang dilakukan guru agama Islam agar pembelajaran ranah afektif pada Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Karangnongko belum tercapai secara optimal. penelitian ini bertujuan untuk menjawab kedua rumusan masalah di atas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Karangnongko. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran PAI pada ranah afektif kelas XI di SMA Negeri 1 Karangnongko belum dapat di capai secara maksimal maupun optimal. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, kurang optimal dan maksimalnya pembelajaran ranah afeksi tersebut di sebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah: Kurangnya alokasi waktu, kurangnya sarana pendukung, keterbatasan waktu mengontrol siswa, lingkungan pergaulan yang kurang sehat, kurangnya penguasaan terhadap strategi pembelajaran aktif, pemahaman yang kurang terhadap latar belakang siswa secara personal. (2) Upaya peningkatan pembelajaran khususnya ranah afektif pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMA Negeri 1 Karangnongko dengan menggunakan beberapa cara diantaranya adalah: Mengaktifkan kelas, mengontrol langsung sikap dan perilaku siswa baik di lingkungan kelas maupun di lingkungan sekolahan, meningkatkan kualitas kompetensi pengajar dengan mengikuti berbagai pelatihan, penambahan media pembelajaran, mengadakan kegiatan sosial, menjadi teladan yang baik.(3) Kelemahan dari Upaya Pengembangan PAI pada ranah afektif di Kelas XI diantaranya adalah: Kurangnya penguasaan terhadap strategi pembelajaran aktif, kontrol langsung yang kurang positif dan kurang tegas, materi PAI yang kurang terintegrasi-interkoneksi, pemahaman yang kurang terhadap latar belakang siswa secara personal, guru kurang memahami dan menguasai ilmu psikologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: DR. USMAN, SS, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Apr 2014 08:23
Last Modified: 16 Apr 2014 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11880

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum