MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013)

NUR MUHAMMAD, NIM. 06420001 (2013) MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR ANAK (Studi pada kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2012/2013))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB)

Abstract

Nur Muhammad. Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Bahasa Arab ditinjau Dalam Perspektif Psikologi Belajar Anak (Studi pada siswa kelas lima Sekolah Dasar Muhammadiyah di Pakem tahun ajaran 2012/2013) skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2013. SD Muhammadiyah Pakem adalah sebuah lembaga pendidikan formal berbasis agama yang salah satunya mengajarkan Bahasa Arab semenjak kelas satu hingga kelas enam. Adanya pelajaran bahasa Arab yang diajarkan di sekolah ini, menarik penulis untuk meneliti tentang bagaiman motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Karakteristik siswa pada umur sekolah dasar sangatlah spesifik jika dibanding pendidikan orang dewasa, karena diusia sekolah dasar inilah masa anak-anak akan berakhir. Oleh karena itu sangat dibutuhkan sebuah informasi penting mengenai corak dan karakter seorang anak dalam belajar. Penelitian ini akan berusaha mengungkap apa dan bagaimana sebuah motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini nantinya dapat memberikan solusi serta informasi terhadap pembelajaran di usia dini tersebut. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Sedangkan ditinjau dari jenis datanya termasuk penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan metode induktif dan komparatif dengan teknik analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan dan menganalisa data dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori agar diperoleh suatu kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa 72,2 % sumber motivasi siswa berasal dari faktor di luar diri siswa (ekstrisik). Dan 16 % sumber motivasi berasal dari dalam diri siswa (intrisik). Ada beberapa hal yang membuat respons siswa menjauh terhadap pembelajaran bahasa Arab, diantaranya adalah; ketidaksiapan siswa mengikuti pembelajaran Bahasa Arab dan beban materi yang dirasa berat bagi anak seusia sekolah dasar. Dalam diri siswa SD Muhammadiyah Pakem terjadi pula krisis motivasi. Adapun penyebab krisis motivasi pada diri siswa antara lain, yang pertama; adalah kekaburan cita-cita ( kemahiran bahasa Arab) setelah lulus sekolah. Dan yang kedua adalah kurangnya perhatian (respons) dari pihak keluarga siswa. Untuk mengurangi respons menjauh serta krisis motivasi yang terjadi pada siswa upaya yang dilakukan adalah mendekatkan tujuan (pace-making), menyederhanakan materi. Kata kunci : Motivasi siswa, psikologi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. Adzfar Ammar, MA
Uncontrolled Keywords: Motivasi siswa, psikologi belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Apr 2014 11:14
Last Modified: 02 May 2017 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum