GAGASAN PEMBARUAN HUKUM ISLAM (STUDI PERBANDINGAN ANTARA PEMIKIRAN IBRAHIM HOSEN DAN M. HASBI ASHSHIDDIEQY). YOGYAKARTA

SHOHIB HASAN , NIM. 96362685 (2002) GAGASAN PEMBARUAN HUKUM ISLAM (STUDI PERBANDINGAN ANTARA PEMIKIRAN IBRAHIM HOSEN DAN M. HASBI ASHSHIDDIEQY). YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (GAGASAN PEMBARUAN HUKUM ISLAM (STUDI PERBANDINGAN ANTARA PEMIKIRAN IBRAHIM HOSEN DAN M. HASBI ASHSHIDDIEQY). YOGYAKARTA)
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (GAGASAN PEMBARUAN HUKUM ISLAM (STUDI PERBANDINGAN ANTARA PEMIKIRAN IBRAHIM HOSEN DAN M. HASBI ASHSHIDDIEQY). YOGYAKARTA)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sebagai pemikir pembaharu, Ibrahim Hosen dan M. Hasbi Ash-Shiddieqyterhitung sangat intens dan eksplisit mengartikulasikan prinsip gerak dan dinamisme Islam. Prinsip ini sangat signifikan dalam membangun keseluruhan pandangan kedua tokoh, khususnya pandangan mengenai hukum Islam secara umum. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yang bersifat deskriptif analitik, dengn pendekatan sosio-historis-filosofis. Adapun pengumpulan datanya bersumber dari data primer dan sekunder, yang dianalisa menggunakan metode induktif dan metode komparatif. Ibrahim Hosen dan M.Hasbi Ash-Shiddieqy sama sama mengadakan pembaruan dengan jalan membentuk sebuah aliran baru yakni “Mazhab Pemerintah” (istilah untuk Ibrahim Hosen) dan “Fiqh Indonesia” (istilah yang dilontarkan M. Hasbi Ash-Shiddieqy). Namun image dari istilahnya Ibrahim Hosen cenderung mengarah secara structural, sedangkan istilahnya Hasbi memberi kesan mengarah pada cultural, walaupun sebenarnya tidak demikian. Karena pada substansinya, keduanya sama-sama bertujuan untuk membumikan dan mengaktualisasikan hukum Islam di tengah aktifitas kehidupan masyarakat muslim Indonesia yang kenyataannya masih belum mendapatkan tempat di hati mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kata kunci: pembaruan hukum Islam, Ibrahim Hosen, M.Hasbi Ash-Shiddieqy
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2014 18:35
Last Modified: 20 Apr 2016 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11915

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum