STUDI TENTANG APLIKASI METODE MEMBACA BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH KARANGBENDO TEKUNG LUMAJANG

MOH. NUR ROHIM, NIM. 97423657 (2003) STUDI TENTANG APLIKASI METODE MEMBACA BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH KARANGBENDO TEKUNG LUMAJANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI TENTANG APLIKASI METODE MEMBACA BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH KARANGBENDO TEKUNG LUMAJANG)
BAB I. IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI TENTANG APLIKASI METODE MEMBACA BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH KARANGBENDO TEKUNG LUMAJANG)
BAB II. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengajaran bahasa Arab yang berada di lembaga pendidikan di bawah tangung jawab Departemen Agama sudah berjalan bertahun-tahun, akan tetapi hasilnya belum memuaskan. Namun demikian lembaga ini masih tetap berupaya untuk mewujudkan pengajaran bahasa Arab yang lebih baik dengan melakukan pembenahan dalam hal kurikulum, penyajian buku-buku, serta mencari metode yang paling tepat dalam mengajarkan bahasa Arab, sehingga bahasa Arab akan mudah untuk dipelajari. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan keberhasilan metode pengajaran membaca Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Lumajang, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan subyeknya adalah: Kepala Madrasah Aliyah Darul Falah, Guru Bahasa Arab, karyawan tata usaha, dan siswa kelas I dan II tahun ajaran 2002/2003. Adapun metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, angket, dokumentasi, tes, dan interview. Setelah melakukan pengumpulan dan menganalisis data, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Aplikasi metode membaca bahasa Arab yang dilaksanakan oleh guru MA Darul Falah diketahui hasilnya cukup setelah siswa mengerjakan tes yang diberikan oleh penulis, yang mana nilai mayoritas adalah 5,5 sampai 6,4. Hasil tersebut menunjukkan baru sedikit siswa yang dapat memahami apa yang terdapat dalam teks bahasa Arab, seprti gramatikal, menerjemah, menyusun kalimat, mengungkapkan isi bacaan maupun isya’muwajjah. 2) Kemampuan membaca buku pegangan bahasa Arab dilihat dari tujuan yang ingin dicapai seperti yang tertuang dalam GBPP, ternyata siswa MA Darul Falah belum sesuai dengan hasil yang diharapkan. Terutama bagi tujuan membaca teks bahasa Arab yang sesuai dengan tujuan dalam GBPP. Pada setiap unit buku pelajaran membahas satu pokok bahasan yang meliputi hiwar, mufrodat, qawaid, insya’ muwajjah, dan faktor kebiasaan membaca siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: lingkungan, sekolah, tempat tinggal, keluarga, sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Key word: Membaca, metode, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2014 18:58
Last Modified: 30 Mar 2017 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11923

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum