PENGEMBANGAN KURIKULUM (STUDI TERHADAP PRINSIP RELEVANSI DAN EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH DINIYYAH WUSTHO AL-MUAYYAD SURAKARTA). YOGYAKARTA

SITI MAHMUDAH, NIM. 98474090 (2003) PENGEMBANGAN KURIKULUM (STUDI TERHADAP PRINSIP RELEVANSI DAN EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH DINIYYAH WUSTHO AL-MUAYYAD SURAKARTA). YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM (STUDI TERHADAP PRINSIP RELEVANSI DAN EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH DINIYYAH WUSTHO AL-MUAYYAD SURAKARTA). YOGYAKARTA)
BAB I. IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM (STUDI TERHADAP PRINSIP RELEVANSI DAN EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH DINIYYAH WUSTHO AL-MUAYYAD SURAKARTA). YOGYAKARTA)
BAB II. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Diantara prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, prinsip relevansi dan prinsip efektivitas dipandang sebagai prinsip yang paling penting dalam mengembangkan kurikulum terutama dalam pengembangan kurikulum Madrasah Diniyyah Wustho al-Muayyad, dengan alasan bahwa madrasah tersebut berada di lingkungan pondok pesantren al-Muayyad yang pendidikannya bersama-sama pengajian al-Qur’an, sekolah dan madrasah berkurikulum nasional serta kegiatan kepesantrenan lainnya yang menempatkan Al Muayyad dalam keefektifan meningkatkan mutu sumber daya manusia kususnya di bidang pendidikan sejalan dengan pola pesantren dengan sistem pendidikan nasional. Untuk itu madrasah Diniyyah dijadikan sebagai tulang punggung pendalaman ilmu-ilmu agama bagi semua pihak yang terkait di dalam proses pendidikan yang ada di pondok pesantren. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sumber data diperoleh melalui metode populasi. Metode pengumpulan datanya mengunakan metode observasi, interview dan dokumentasi, sedang analisa datanya adalah analisa data kualitatif yang dianalisa menggunakan metode deskriptif analisis non statistik dengan pola pikir deduktif dan induktif. Strategi yang dilakukan dalam pengembangan kurikulum madrasah Diniyyah Wustho ini yaiyu dengan menempuh langkah yaitu pengembangan program tingkat lembaga, pengembangan program tiap bidang studi yang mencakup pada perumusan tujuan kurikulum, tujun instruksional, menetapkan pokok bahasan san sub pokok bahasan dan menyusun garais-garis program pengajaran, pengembangan program pengajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Key word: kurikulum, relevansi, efektifitas
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2014 19:28
Last Modified: 10 Mar 2017 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11928

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum