PERAN KYAI DALAM MENANAMKAN NILAI KEDISIPLINAN DI PONDOK PESANTREN NURUSH SHIDQIYYAH PLANTUNGAN KENDAL JAWA TENGAH

SITI FAIZATUZZUHRIYYAH, NIM. 09470100 (2013) PERAN KYAI DALAM MENANAMKAN NILAI KEDISIPLINAN DI PONDOK PESANTREN NURUSH SHIDQIYYAH PLANTUNGAN KENDAL JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KYAI DALAM MENANAMKAN NILAI KEDISIPLINAN DI PONDOK PESANTREN NURUSH SHIDQIYYAH PLANTUNGAN KENDAL JAWA TENGAH)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN KYAI DALAM MENANAMKAN NILAI KEDISIPLINAN DI PONDOK PESANTREN NURUSH SHIDQIYYAH PLANTUNGAN KENDAL JAWA TENGAH)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (974kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa kyai merupakan figure yang dijadikan contoh teladan bagi para santri khususnya nilai kedisiplinan didalam Pondok Pesantren. Kesiplinan merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap santri ataupun siswa karena dengan bersikap disiplinlah kesuksesan semakin dekat untuk diraih. Jika melihat fakta dijaman sekarang akan sering dijumpai pemberitaan dimedia-media lokal dimana diberitakan bahwa kerap adanya tindakan bolos membolos tidak hanya dikalangan pelajar, tetapi juag oknum-oknum pendidikan hingga pejabat Negara sekalipun. Keadaan ini merupakan kemerosotan kesadaran akan pentingnya nilai kedisiplinan dalam hal ini kyai berperan sebagai pengasuh serta menjadi conntoh sentral dalam menanamkan nilai kedisiplinan seperti : selalu datang tepat waktu saat sholat berjama‟ah, saat mengajar selalu datang tepat waktu, mencontohkan sikap sopan santun, serta mencontohkan cara berpenampilan yang baik dilingkunan Pondok Pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang di Pondok Pesantren Nurush Shidqiyyah Plantungan Kendal Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mencari serta menyusun secara sistematis data-data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, serta bahanbahan lain. Analisis data kualitatif ini bersifat induktif, yaitu cara menarik kesimpulan dengan berangkat dari fakta-fakta khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kyai sangat berpengaruh dalam pembentukan nilai-nilai kedisiplinan. pemahaman santri lebih mudah menerima dengan langsung mencontoh sikap keseharian pak kyai. Hasil dari didikan pengasuh yang ramah dan religius tersebut mampu mengeluarkan lulusan yang juga berhasil membangun pondok pesantren dan Majelis Taklim, sejauh ini sudah dikatakan optimal penanaman nilai kedisiplinan yang dilakukan di Pondok Pesantren Nurush Shidqiyyah walaupun hasilnya belum maksimal tetapi selalu berusaha membangun santri yang mempunyai pribadi yang baik dengan menjalankan pola hidup disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. Mangun Budiyanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kyai, kedisiplinan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Apr 2014 08:46
Last Modified: 24 Aug 2018 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum