IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

SITITIS WURIANA, NIM. 09470158 (2013) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI KELAS X DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan cara moving class. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru mengefektifkan kegiatan pembelajaran khususnya pada pembelajaran PAI. Adapun masalah yang dapat dirumuskan adalah bagaimana implementasi manajemen kelasnya, bagaimana strategi untuk mengefektifkan kegiatan pembelajaran dan apa faktor penghambat serta pendukungnya. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman pada calon guru dan guru mengenai pentingnya manajemen kelas dalam rangka meningkatkan efektivitas pembelajaran sehingga tercapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMK Negeri 6 Yogyakarta. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru pendidikan agama Islam, wakil kepala kesiswaan, wakil kepala sarana prasarana, dan siswa kelas X SMK Negeri 6 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan deskriptif analitik yaitu dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis semua data lapangan serta membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI sudah berjalan dengan efektif, akan tetapi belum maksimal. Karena, dalam kegiatan pembelajaran terdapat beberapa siswa bertingkah laku menyimpang dan hasil evaluasi pembelajaran hanya mencapai batas ketuntasan belajar. (2) strategi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI dilakukan dengan beberapa pendekatan yaitu pendekatan kekuasaan dan ancaman. Untuk pendekatan dalam manajemen kelas tidak sepenuhnya dapat diterapkan oleh guru. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Pendekatan Manajemen kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Pendekatan Manajemen kelas
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Apr 2014 08:08
Last Modified: 24 Aug 2018 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11950

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum