PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PINTAR DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB ( Studi Kasus di Kelas VIII MTsN Piyungan)

SRI DEWI ASTUTI, NIM. 09420130 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PINTAR DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB ( Studi Kasus di Kelas VIII MTsN Piyungan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PINTAR DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB ( Studi Kasus di Kelas VIII MTsN Piyungan))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PINTAR DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB ( Studi Kasus di Kelas VIII MTsN Piyungan))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sri Dewi Astuti, Pengembangan Media Kartu Pintar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di Kelas VIII di MTsN Piyungan) Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Pembelajaran bahasa Arab sudah lama dilakukan di madrasah-madrasah, akan tetapi hasilnya belum sepenuhnya maksimal. Guru sebagai salah satu pemegang utama pengajaran bahasa Arab kebanyakan berpaku pada buku paket dan sulit menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Oleh karena itu perlu adanya perubahan dalam pemanfaatan sarana dan prasarana pembelajaran seperti media pembelajaran. Melalui penelitian ini peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran, yaitu dengan menggunakan media Kartu Pintar dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan penelitian ini diharapkan minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab meningkat, dan mampu menguasai bahasa Arab dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan bentuk penelitian pengembangan atau sering disebut dengan Research and Development (R & D). Hasil pengembangan peneliti berupa Kartu Pintar bahasa Arab yang terdiri dari 2 materi atau tema, yaitu sekolah dan profesi. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media adalah 92% masuk dalam kategiri sangat baik, dan ahli materi secara keseluruhan adalah 85% yang masuk dalam kategori baik. Dalam uji coba skala kecil yang dilaksanakan oleh 5 siswa secara keseluruhan mendapatkan presentase 80% yang masuk dalam kategori baik. Dalam uji coba skala besar yang dilaksanakan oleh 31 siswa dilihat dari minat belajar siswa mendapatkan presentase 76% yang masuk dalam kategori baik, dan dilihat dari prestasi belajar siswa mendapatkan presentase 77% masuk dalam kategori baik. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Kartu Pintar, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Jafar Shodiq, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Kartu Pintar, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Apr 2014 07:47
Last Modified: 03 May 2017 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11962

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum