UPAYA GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA KELAS VII PADA PRAKTIK IBADAH SHALAT DI MTsN LAB UIN YOGYAKARTA

SRI SUNARTI, NIM. 09410021 (2013) UPAYA GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA KELAS VII PADA PRAKTIK IBADAH SHALAT DI MTsN LAB UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA KELAS VII PADA PRAKTIK IBADAH SHALAT DI MTsN LAB UIN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENGEMBANGKAN RANAH PSIKOMOTORIK SISWA KELAS VII PADA PRAKTIK IBADAH SHALAT DI MTsN LAB UIN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (910kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam kenyataan di lapangan pendidik lebih mengutamakan aspek kognitif dari pada afektif dan psikomotorik. Sedangkan di MTs N Lab UIN Yogyakarta lebih mengutamakan aspek keagamaan dari pada pendidikan umum, aspek psikomotorik dalam bidang keagamaan lebih ditekankan pada kualitas ibadah shalat peserta didik kelas VII. Yang menjadi Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya Guru mata pelajaran Fiqih dalam mengembangkan ranah psikomotorik siswa kelas VII pada praktik ibadah shalat dan Kendala apa saja yang dihadapi Guru mata pelajaran Fiqih dalam mengembangkan ranah psikomotorik siswa kelas VII pada praktik ibadah shalat di MTs N Lab UIN Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan oleh Guru mata pelajaran Fiqih dalam mengembangkan ranah psikomotorik siswa kelas VII pada praktik ibadah shalat dan Untuk mengetahui kendala- kendala yang dihadapi Guru mata pelajaran Fiqih dalam mengembangkan ranah psikomotorik siswa kelas VII pada praktik ibadah shalat di MTs N Lab UIN Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar MTs N Lab UIN Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) upaya guru mata pelajaran fiqih dalam mengembangkan ranah psikomotorik siswa kelas VII pada praktik ibadah shalat melalui 2 cara yaitu, upaya yang dilakukan di dalam kelas dan dilakukan di dalam madrasah. Upaya yang dilakukan ketika pembelajaran di kelas menggunakan metode ceramah, resitasi (penugasan). Sedangkan ketika di dalam lingkungan madrasah menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, nasihat dan motivasi, kedisiplinan dan bimbingan. Upaya tersebut tidak akan maksimal jika tidak didukung oleh bapak dan ibu guru mata pelajaran yang lain serta karyawan yang ada di madrasah. (2) Kendala yang dihadapi guru mata pelajaran Fiqih untuk mengembangkan ranah psikomotorik siswa kelas VII pada praktik ibadah shalat, yaitu kendala dari pihak madrasah seperti kurangnya sarana dan prasarana terutama masjid/mushola, belum adanya kegiatan pemantauan aktivitas shalat selama siswa di rumah. Kendala dari peserta didik seperti kondisi siswa, lingkungan permainan siswa, bakat siswa, intelektual siswa, kondisi orang tua siswa, keberhasilan dan kegagalan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: DR. SABARUDIN, M.Si.
Uncontrolled Keywords: fikih, fiqh, psikomotorik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Apr 2014 07:47
Last Modified: 24 Aug 2018 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11964

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum