MOTIVASI MASYARAKAT BETAWI MENYEKOLAHKAN ANAK-ANAKNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KASUS DI KELURAHAN DURI KOSAMBI KECAMATAN CENGKARENG KOTAMDYA JAKARTA BARAT)

NURHAYATI, NIM. 97473624 (2003) MOTIVASI MASYARAKAT BETAWI MENYEKOLAHKAN ANAK-ANAKNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KASUS DI KELURAHAN DURI KOSAMBI KECAMATAN CENGKARENG KOTAMDYA JAKARTA BARAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI MASYARAKAT BETAWI MENYEKOLAHKAN ANAK-ANAKNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KASUS DI KELURAHAN DURI KOSAMBI KECAMATAN CENGKARENG KOTAMDYA JAKARTA BARAT))
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI MASYARAKAT BETAWI MENYEKOLAHKAN ANAK-ANAKNYA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KASUS DI KELURAHAN DURI KOSAMBI KECAMATAN CENGKARENG KOTAMDYA JAKARTA BARAT))
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi mempengaruhi semua aspek kehidupan, sehingga terjadi perubahan. Perubahan-perubahan itu akan mempengaruhi pengetahuan, aspirasi, minat, semangat, kebiasaan bahkan pola-pola hidup masyarakat, dan pada akhirnya mereka cenderung memikirkan hal-hal yang bersifat material dari pada kebaikan moral dan tingkah laku. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah masyarakat Betawi. Metode pengumpulan datanya melalui metode observasi, interview, metode angket, dan dokumentasi. Metode analisa datanya dengan analisa data kualitatif melalui cara berfikir induktif dan deduktif, dan analisa data kuantitatif menggunakan metode analisa data statistic. Motivasi masyarakat Betawi menyekolahkan anak-anaknya di MI termasuk motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik (datang dari dalam dirinya sendiri) seperti keyakinan mereka terhadap tinggi rendahnya derajat seseorang di mata Tuhan adalah karena iman dan taqwanya. Motivasi ekstrinsik (datang dari lingkungan) seperti dekatnya letak antara MI dengan tempat tinggal mereka, biaya pendidikan di MI lebih murah dibandingkan sekolah lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: motivasi, masyarakat Betawi, Madrasan Ibtidaiyah
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Apr 2014 09:06
Last Modified: 09 Mar 2017 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12029

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum